A. PERCEPATAN PEMBERANTASAN KORUPSI
1.
Jelaskan
unsur-unsur dari perbuatan pidana?
Jawab:
- Perbuatan manusia;
- Memenuhi rumusan dalam undang-undang (syarat
formil)
- Bersifat melawan hukum (syarat materiil)
-
2.
Siapa
sajakah yang dapat menjadi subjek tindak pidana korupsi sebagaimana ditentukan
dalam UU PTPK, uraikan dengan jelas.
Jawab:
- Setiap orang
- Penyelenggara Negara
- Pegawai Negeri
- Korporasi
3.
Apakah
objek dari Korupsi, jelaskan dengan singkat.
Jawab:
a. Janji
b. Kesempatan
c. Kemudahan
d. Kekayaan milik
Negara
-. Uang
-. Daftar
-. Surat, Akta
-. Barang
4.
Apakah yang
dimaksud dengan “setiap orang” dalam ketentuan UUPTPK.
Jawab:
Orang perorangan atau
termasuk korporasi.
( Pasal 1 angka 3
UUPTPK)
5.
Apakah yang
menjadi dasar pemikiran penguasa perang di tahun 1957, mengeluarkan peraturan
tentang pemberantasan korupsi
Jawab:
Peraturan Penguasa
Militer Nomor PRT/PM/06/1957 yang dikeluarkan oleh Penguasa Militer Angkatan
Darat dan berlaku untuk daerah kekuasaan Angkatan Darat. Konsiderans peraturan
ini mengatakan: “Bahwa berhubung tidak adanya kelancaran dalam usaha-usaha
memberantas perbuatan-perbuatan yang merugikan keuangan dan perekonomian
negara, yang oleh khalayak ramai dinamakan korupsi, perlu segera menetapkan
suatu cara kerja untuk dapat menerobos kemacetan dalam usaha-usaha memberantas
korupsi … dst”
6.
Ada
berapakah delik tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam UUPTPK, uraikan
secara singkat.
Jawab:
Ketiga puluh (30) bentuk / jenis delik tindak pidana korupsi { Dua (2)
jenis delik mengatur tentang perbuatan yang merugikan keuangan negara atau
perekonomian negara, sedangkan 28 jenis lainnya mengatur tentang perilaku
penyelenggara negara terkait dengan kekuasaannya}, ketigapuluh delik tersebut
dapat dikelompokkan dalam 7 (tujuh) kelompok, sebagai berikut:
1. Kerugian Keuangan Negara
2. Suap Menyuap
3. Penggelapan Dalam Jabatan
4. Pemerasan
5. Perbuatan Curang
6. Benturan Kepentingan Dalam Pengadaan
7. Gratifikasi
Sedangkan ke 6 (enam) tindak pidana lain yang berkaitan dengan tindak
pidana korupsi terdiri atas:
1. Merintangi proses pemeriksaan perkara korupsi
2. Tidak memberi keterangan atau memberi keterangan yang tidak benar
3. Bank yang tidak memberikan keterangan rekening tersangka
4. Saksi atau akhli yang tidak memberi keterangan atau memberi
keterangan palsu
5. Orang yang memegang rahasia jabatan tidak memberikan keterangan atau
memberi keterangan palsu
6. Saksi yang membuka
identitas pelapor
7.
Sebutkan
macam-macam gratifikasi yang dapat diterima subjek tindak pidana korupsi
Jawab:
Penjelasan Pasal 12 B mengatakan bahwa yang dimaksud dengan
“Gratifikasi” adalah pemberian dalam arti luas, yakni meliputi pemberian uang,
barang, rabat (diskon, komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan,
fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas
lainnya, baik di dalam negeri maupun diluar negeri dan yang dilakukan dengan
menggunakan sarana elektronik atau tanpa sarana elektronik.
8.
Bagaimanakah
pendapat saudara dalam melaksanakan peran serta masyarakat, dalam pencegahan
dan pemberantasan tindak pidana korupsi?
Jawab:
Hendaknya masyarakat
dalam berperan serta memberantas korupsi menyampaikan bukti-bukti adanya tindak
pidana korupsi.Adapun alat bukti itu dapat berupa :
1. Pemeriksaan setempat
2. Surat/Akta (Surat
Keputusan, Sertipikat Tanah, Disposisi, Surat Perjanjian dll)
3. Keterangan Saksi
(Saksi Akhli, saksi yang memberatkan, dan saksi yang meringankan)
4. Sumpahan
5. Persangkaan
6. Pengakuan (dari
saksi, tersangka, terdakwa, orang yang melihat, mengetahui peristiwa tersebut)
9.
Apakah tugas
KPK sebagaimana diatur dalam Pasal 6 UU No. 30 Tahun 2002
Jawab:
1. Melakukan koordinasi dengan instansi yang berwenang melakukan tindak
pidana korupsi
2. Melaksanakan supervisi terhadap instansi berwenang melakukan
pemberantasan tindak pidana korupsi
3. Melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap tindak
pidana korupsi
4. Melakukan tindakan-tindakan pencegahan tindakan pidana korupsi
5. Melakukan monitor terhadap pelanggaran pemerintahan Negara
10. Sebutkan Badan-badan pemberantasan korupsi yang
sudah ada?
Jawab:
1.) Tim
Pemberantasan Korupsi
Dasar Hukum: Keppres Nomor 228 Tahun 1967 Tanggal 2 Desember 1967 dan
Undang-Undang No 24 Tahun 1960
Tugas: Membantu Pemerintah memberantas korupsi dengan tindakan preventif
dan represif
2.) Komite Anti Korupsi, Komite ini dibentuk pada
tahun 1970
3.) Komite Empat
Dasar Hukum: Keppres No 12 Tahun 1970 Tanggal 31 Januari 1970
Tugas: a. Menghubungi pejabat, atau instansi swasta sipil, atau militer;
b. Memeriksa administrasi pemerintah dan swasta
c. Meminta bantuan aparatur pemerintah pusat dan daerah
4.) Obstib
Dasar Hukum: Inpres No 9 Tahun 1977
Tugas:
a. Pada awalnya pembersihan pungutan liar di jalanjalan, penertiban uang
siluman di pelabuhan, baik pungutan tidak remsi maupun resmi, tetapi tidak sah menurut
hukum
b. Pada tahun 1977 diperluas sasaran penertiban, beralih dari
jalan-jalan ke aparat departemen dan daerah.
5.) Tim Pemberantasan Korupsi, Dibentuk pada tahun 1982
Dasar Hukum: menghidupkan kembali TPK tanpa diikuti
Keppres atau Inpres
6.) KPKPN
Dasar Hukum: Undang-Undang No 28 Tahun 1999 dan Keppres No 27 Tahun 1998
Tentang Komisi Pemeriksaan Kekayaan Negara.
Tugas: mengungkap kasus-kasus korupsi yang sulit ditangani Kejaksaan
Agung.
7.) Komisi Pemberantasan Korupsi
Dasar Hukum: Undang-Undang No 30
Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai pelaksanaan dari pasal
43 UU PTPK.
Komisi ini mempunyai kewenangan untuk melaksanakan penyelidikan,
penyidikan dan penuntutan atas perkara tindak pidana korupsi yang melibatkan
aparat penegak hukum, penyelenggara negara, dan orang lain yang ada kaitannya
dengan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh aparat penegak hukum atau
penyelenggara negara, yang mendapat perhatian dan meresahkan masyarakat, dan /
atau menyangkut kerugian negara paling sedikit Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar
rupiah).
11. Sebutkan peran serta masyarakat dan dasar hukum
yang mendasarinya?
Jawab:
- hak mencari, memperoleh dan memberikan informasi
adanya dugaan telah terjadi tindak pidana korupsi
- hak untuk memperoleh pelayanan dalam mencari,
memperoleh dan memberikan informasi adanya dugaan telah terjadi tindak pidana
korupsi pada penegak hukum yang menangani perkara tindak pidana korupsi;
- hak menyampaikan saran dan pen dapat secara
bertanggungjawab kepada penegak hukum yang menangani perkara tindak pidana
korupsi;
- hak untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan
tentang laporannya yang diberikan kepada penegak hukum dalam waktu 30 (tiga puluh) hari.
- Hak untuk memperoleh perlindungan hukum
Dasar Hukum: Bab V Pasal 41 Undang-Undang No 31 Tahun 1999 jo. UU No 20
Tahun
2001 Tentang Pemberantasan tindak Pidana Korupsi dalam yang mengatur
tentang peran serta masyarakat dalam pemberantasan korupsi,
12. Jelaskan keikutsertaan Indonesia dalam Percepatan
Pemberantasan Korupsi di Dunia Internasional?
Jawab:
Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa Mengenai Korupsi, Tahun 2003 (United
Nation Convention Against Corruption, 2003).
Maksud dan tujuan konvensi:
- Memajukan dan memperkuat tindakan-tindakan
memberantas korupsi yg lebih efektif
- Memajukan, memfasilitasi dan mendukung kerjasama
internasional dan bantuan teknis dalam mencegah dan memerangi korupsi, termasuk
pengembalian asset
- Memajukan integritas, akuntabilitas dan manajemen
yang seharusnya dalam soal-soal publik dan harta public
B. MANAJEMEN
KEPEGAWAIAN NEGARA
- Jelaskan pengertian menajemen kepegawaian negera?
Menajemen
kepegawaian Negara adalah proses dan prosedur tertentu di bidang kepegawaian
yang mencakup kegiatan-kegiatan penerimaan, penempatan, penggajian, promosi,
penilaian kinerja dan pemberhentian Pegawai negeri di lingkungan instansi
pemerintahan
- Jelaskan pengertian PNS menurut UU no 8 tahun 1974 jo UU no 43 thn 1999?
Setiap warga Negara
Republik Indonesia yang telah memenuhi syarat yang di tentukan oleh pejabat
yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri, atau diserahi
tugas Negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang
berlaku
- Sebutkan pembagian PNS menurut UU no 8 tahun 1974 jo UU no 43 thn 1999?
- pegawai negeri sipil (PNS)
- anggota tentara nasional Indonesia (TNI)
- anggota kepolisian Negara republik Indonesia (POLRI)
- Sebutkan hak PNS
- memperoleh gaji yang adil dan layak sesuai dengan beban pekerjaannya dan tanggung jawabnya
- memperoleh cuti
- Sebutkan 5 kewajiban PNS
- Setia dan taan sepenuhnya kepada Pancasila, UUD tahun 1945, Negara dan pemerintah
- Mengutamakan kepentingan Negara di atas kepentingan golongan atau diri sendiri, serta menghindarkan segala sesuatu yang dapat mendesak kepentingan Negara oleh kepentingan golongan, diri sendiri atau pihak lain
- Menjunjung tinggi kehormatan dan martabat Negara, pemerintah dan pegawai negeri sipil
- Bekerja dengan jujur, tertib, cermat dan semangat untuk kepentingan Negara
- Menaati ketenuan jam kerja
- Sebutkan 5 larangan PNS
- melakukan hal yang dapat menurunkan kehormatan atau martabat Negara, pemerintah, atau pegawai negeri sipil
- menyalahgunakan wewenangnya
- tanpa izin pemerintah, menjadi pegawai atau bekerja untuk Negara asing
- menyalahgunakan surat-surat, barang-barang berharga milik Negara
- bertindak sewenang-wenang terhadap bawahannya
- Sebutkan hukuman pelanggaran disiplin menurut pasal 1 PP no 30 tahun 1980
Hukuman pelanggaran
disiplin disini adalah setiap ucapan, tulisan atau perbuatan PNS yang melanggar
ketentuan Peraturan Disiplin PNS baik yang dilakukan di dalam maupun diluar jam
kerja
- Sebutkan fungsi KORPRI
- pelopor dalam meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme anggota
- melindungi dan mengayomi anggota
- penyalur kepentingan para anggotanya
- pelopor dalam menyukseskan program pembangunan nasional
- Sebutkan tujuan didirikannya KORPRI
- mewujudkan pelaksanaan peraturan perundang-undangan pegawai republic Indonesia serta menjamin perlindungan hak-hak pegawai republic Indonesia guna mencapai ketenangan dan kelangsungan kerja usaha untuk meningkatkan taraf hidup, kecerdasan, dan kesejahteraan
- menghimpun dan menyatukan pegawai Republik Indonesia untuk mewujudkan rasa setia kawan dan tali persaudaraan antara sesame pegawai republic indonesia
- Apa yang disebut dengan pengadaan CPNS
Kegiatan untuk
mengisi formasi yang lowong sebagaimana di atur dalam PP no 98 tahun 2000 yang
telah di ubah dengan PP No 11 tahun 2002 tentang pengadan PNS
- Jelaskan system pembinaan PNS menurut Pasal 12 (2) UU No 43 th 1999
Yakni perpaduan
antara system prestasi kerja dan system karir yg dititikberatkan pada system
prestasi kerja dalam pembinaan PNS.
- Jelaskan system karir tertutup?
Sistem kepegawaian
dimana suatu jabatan yang lowong dalam suatu organisasi hanya dapat diduduki
oleh pegawai yang telah ada dalam organisasi itu, tidak boleh diduduki oleh
orang luar.
13.Sistem Skala ganda ??
Sistem
penggajian yang menentukan besarnya gaji bukan saja didasarkan pada pangkat,
tetapi juga didasarkan pada sifat pekerjaan yang dilakukan, prestasi kerja yang
dicapai, dan beratnya tanggung jawab yang dipikul dalam melaksanakan pekerjaan
itu.
14.Sebutkan peraturan pemerintah yang mengatur
tentang peraturan gaji PNS?
PP No.
11 tahun 2003 ttg peraturan gaji pegawai negeri sipil.
15. Sebutkan macam-macam tanda jasa yang diberikan
kepada PNS sesuai Kepres No. 25 tahun 1994:
a.
Satyalancana karya satya 10 thn warna perunggu
b.
Satyalancana karya satya 20 thn warna perak
c.
Satyalancana karya satya 30 thn warna emas
16.Jelaskan tujuan pendidikan dan pelatihan PNS
sesuai UU No 43 thn 1999 pasal 31?
Mencapai
daya guna dan hasil guna yang sebesar-besarnya diadakan pengaturan dan
penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan jabatan PNS yg bertujuan meningkatkan
pengabdian, mutu, keahlian, kemampuan dan ketrampilan.
17. Prinsip pokok pendidikan dan pelatihan terbagi
atas?
a.
Pendidikan dan pelatihan prajabatan (pre service training)
b.
Pendidikan dan pelatihan dalam jabatan (in service training)
18.Sebutkan klasifikasi pemberhentian PNS sesuai
dengan PP No. 32 tahun 1979
a. Atas
permintaan sendiri
b.
Mencapai batas usia pension
c.
Penyederhanaan organisasi
d.
Pelanggaran tindak pidana
e. Tidak
cakap jasmani dan rohani
f.
Meninggalkan tugas
g.
Meninggal dunia . hilang h.
Karena hal-hal lainnya
19. Pemberhentian dengan hormat ??
Yakni
pemberhentian yang disertai hak-hak kepegawaian sesuai dengan peraturan
perundang-udangan yang berlaku.
20. Sebutkan jenis kenaikan pangkat sesuai dengan
PP No 90 tahun 2000 Jo PP No 12 tahun 2002?
a.
Kenaikan pangkat regular: kenaikan pangkat yang diberikan tanpa terikat aaapada jabatan.
b.
Kenaikan pangkat jabatan : diberikan
atas dasar prestasi kerja yang tinggi.
C. PELAYANAN
PRIMA
1.
Jelaskan
kebijakan pemerintah yang digunakan sebagai landasan bagi pemberian pelayanan
yang baik?
Jawab:
Keputusan Menteri Negara
Pendayagunaan aparatur Negara (Meneg PAN) No. 63/Kep/MPAN/7/2003, yang
memberikan pengertian pelayanan public yaitu segala kegiatan pelayanan yang
dilakssnkan oleh penyelenggara pelayanan public sebagai upaya pemenuhan
kebutuhan, penerimaan pelayanan maupun pelaksanaan ketentuan peraturan
perundang-undangan.
2.
Sebutkan
kriteria kinerja pelayanan menurut lembaga administrasi Negara?
Jawab:
a)
Kesederhanaan
b)
Reliabilitas
c)
Tanggung
jawab dari petugas pelayanan
d)
Kecakapan
e)
Pendekatan
kepada pelanggan
f)
Keramahan
g)
Keterbukaan
h)
Kredibilitas
i)
Kejelasan
dan kepastian
j)
Keamanan
k)
Ekonomis
dan efisien
3.
Jelaskan
tentang komitmen pelayanan?
Jawab:
a.
Kejelasan
b.
Konsistensi
c.
Komunikasi
d.
Komitmen
4.
Jelaskan
tentang pelayanan yang mengacu kepada kepuasan pelanggan?
Jawab:
a.
Kalau
kinerjanya dibawah harapan, pelanggan akan merasa kecewa
b.
Kalau
kinerjanya sesuai harapan, pelanggan akan merasa puas
c.
Kalau
kinerjanya melebihi harapan, pelanggan akan sangat puas
5.
Jelaskan
tentang kategori keluhan pelanggan?
Jawab:
a.
Mechanical
complaint/ keluhan mekanikal
b.
Attitudinal
complaint/ keluhan akibat sikap petugas pelayanan
c.
Service
related complaint/ keluhan yang berhubungan dengan pelayanan
d.
Unsual
complaint/ keluhan yang aneh
6.
Jelaskan
tentang cara mengatasi keluhan pelanggan?
Jawab:
a.
Pelanggan
biasanya marah pada saat menyampaikan keluhan. Olejh karena itu, petugas
pelayanan tidak boleh terpancing untuk ikut marah
b.
Petugas
pelayanan tidak boleh memberikan janji-janji yang sebenarnya sulit dipenuhi
serta tidak menjanjikan sesuatu yang berada d luar wewenangnya.
c.
Jika
permasalahan tidak dapat di selesaikan sedanglkan petugas sudah berbuat
maksimal, petugas harus berani menyatakan menyerah dengan jujur.
d.
Ada
pelanggan yang selalu mengeluh untuk menghadapi pelanggan seperti itu, petugas
harus sabar dan melakukan pendekatan secara khusus
7.
Jelaskan
tentang perubahan paradigma pelayanan?
Jawab:
Pelayanan pada masyarakat di masa datang itu
hendaknya: makin lama makin baik (better), makin lama makin cepat (Faster),
makin lama makin diperbaharui (newer), makin lama makin murah (Cheaper), dan
makin lama makin sederhana (more simple)
8.
Jelaskan
jenis-jenis pelanggan?
Jawab:
a.
Pelanggan
internal organisasi
b.
Pelanggan
internal pemerintah
9.
Jelaskan
cara meningkatkan citra positif di mata pelanggan?
Jawab:
a.
Membangun
citra diri positif
b.
Berusaha
mengerti terlebih dahulu, baru dimengerti
c.
Mengenal
karakter pelanggan
10. Jelaskan cara mengenal karakter pelanggan?
Jawab:
a.
Pusatkan
perhatian pada pelanggan
b.
Memberikan
pelayanan yang efisien
c.
Meningkatkan
perasaan harga diri pelanggan
d.
Membina
hubungan baik dengan pelanggan
e.
Dapat
menentukan apa keinginan pelanggan
f.
Mengalihkan
pelayanan ke orang lain
11. Sebutkan mitra dalam pelayanan/
Jawab;
Teman kerja dan masyarakat
12. Apa yang perlu diperhatikan agar masyarakat, rekan
kerja dapat dijadikan mitra dalam pelayanan?
Jawab:
a.
Penetapan
kebijakan (arranger)
b.
Peranan
penyedia (producer)
c.
Peranan
konsumen (consumer)
13. Apakah yang membuat kemitraan pelanggan berjalan
dan bertahan lama :
Jawab:
Keberlimpahan, kepercayaan, impian, keseimbangan
dan keindahan, serta kebenaran dan kejujuran
D.
MEMBANGUN
KERJASAMA TIM
Apakah yang dimaksud dengan kelompok?
Suatu unit yang merupakan sekelompok atau
sekumpulan 2 orang atau lebih yang satu sama lain berinteraksi dalam mencapai
suatu tujuan yang telah ditetapkan secara bersama-sama dalam suatu wadah
tertentu.
Apakah kelompok sama dengan tim?
Kelompok belum tentu merupakan tim, namun tim pasti
merupakan suatu kelompok, maka dari itulah kelompok tidak sama dengan tim.
Mengapa dalam organisasi perlu bekerja di dalam
tim?
Karena banyak keuntungan bekerja dalam tim yang
hasilnya lebih maksimal dan juga dapat mewujudkan kinerja organisasi yang lebih
baik.
Apakah manfaat bekerja dalam tim?
Beberapa manfaat bekerja secara tim antara lain
adalah sbb:
-
Tujuan dan
sasaran individu dan tim akan tercapai secara maksimal
-
Tercipta
rasa saling menghargai satu sama lain dan apabila terjadi perbedaan-perbedaan
diselesaikan secara terbuka dengan prinsip win-win solution
-
Masing-masing
anggota mau berbagi
-
Bebas
mengemukakan ide dan gagasannya secara kreatif
-
Pembagian
tugas secara musyawarah dengan asas profesionalisme
-
Terhindar
dari stress karena masing-masing pihak bebas mengutarakan pendapatnya
Apakah ciri-ciri organisasi disebut sebagai suatu
tim?
Ciri-ciri organisasi disebut juga sebagai suatu tim
karena mempunyai keikatan dan interaksi yang harmonis.
Apakah tim dinamis itu?
Tim dinamis adalah tim yang berkinerja tinggi, tim
yang memanfaatkan energinya secara maksimal untuk menghasilkan sesuatu. Tim
yang penuh percaya diri, tim yang saling tergantung satu sama lain.
Apa saja unsur-unsur tim yang dinamis?
Adapun unsur-unsur tim yang dinamis antara lain
adalah menyatakan secara jelas misi dan tujuannya, beroperasi secara kreatif,
memfokuskan pada hasil, memperjelas peran dan tanggung jawab, diorganisir
secara baik, dibangun di atas kekuatan individu, saling mendukung kepemimpinan
anggota yang lain, mengembangkan iklim tim, menyelesaikan ketidaksepakatan,
berkomunikasi secara terbuka, membuat keputusan secara obyektif, mengevaluasi
efektivitasnya sendiri.
Untuk mencapai tim yang dinamis tentu saja mengacu
pada perkembangan tim dan perlunya membangun rasa kebersamaan dan mampu
menumbuhkan kebanggaan tim.
Apakah tahapan perkembangan tim?
Tahapan perkembangan tsb adalah sbb:
-
Menetapkan
arah (drive)
-
Bergerak
(strive)
-
Mempercepat
gerak (thrive)
-
Sampai
(arrive)
Bagaimana membangun rasa kebersamaan tim?
Dalam sebuah tim harus memiliki anggota yang
memiliki karakteristik yang berorientasi pada opini, berorientasi pada
persamaan serta berorientasi pada tujuan.
Bagaimana membangun kebanggaan tim?
Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam
pemeliharaan tim agar anggota tim mampu membangun kebanggaannya adalah sbb:
-
Memotivasi
anggota tim untuk berkomitmen
-
Memotivasi
anggota tim yang tidak termotivasi
Apa yang dimaksud dengan konflik?
Konflik adalah segala macam bentuk pertikaian yang
terjadi dalam organisasi, baik antara individu dengan individu, individu dengan
kelompok maupun kelompok yang bersifat antagonis.
Konflik terjadi pada setiap individu dan sulit
dihindarkan. Penanganan konflik secara dini akan membantu tim dalam
meningkatkan kinerjanya. Konflik selalu melibatkan dua orang atau lebih yang
terjadi apabila salah satu pihak merasa kepentingannya dihalang-halangi atau
akan dihalang-halangi.
Hal-hal apakah yang menjadi sumber konflik?
Sumber-sumber konflik antara lain adalah: (1)
Menghalang-halangi sasaran perorangan; (2) Kehilangan status; (3) Perbedaan
sudut pandang; (4) Kehilangan otonomi atau kekuasaan; (5) Kehilangan
sumber-sumber apalagi sumber yang langka; (6) Ketidakadilan; (7) Mengancam
nilai-nilai dan lain sebagainya.
Konflik yang timbul tidak bisa dihindari karena:
(1) Perbedaan Kebutuhan, Tujuan dan Nilai-nilai; (2) Perbedaan cara pandangan
terhadap motif, ujaran, tindakan dan situasi; (3) Perbedaan terhadap hasil,
suka versus tidak suka; (4) Enggan untuk bekerja sama dalam membahas
permasalahan, kolaborasi atau tanggung jawab.
Bagaimana langkah-langkah penyelesaian konflik?
Langkah-langkah penyelesaian konflik: (1) Mengakui
adanya konflik; (2) Mengidentifikasi konflik secara sebenarnya; (3) Dengan
semua pendapat; (4) Bersama-sama mencari cara untuk menyelesaikan konflik; (5)
Mendapatkan kesepakatan dan tanggungjawab untuk menemukan solusi; (6) Menjadwal
sesi tindak lanjut untuk mengkaji solusi.
Sebutkan beberapa gaya tanggapan konflik?
Gaya tanggapan konflik: (1) Menghindar; (2)
Mengakomodasi; (3) Menang/kalah; (4) Kompromi; (5) Penyelesaian masalah.
E. SOAL-SOAL BUDAYA KERJA
1. Sebutkan
tiga bentuk budaya!
JAWAB :
Ada tiga bentuk budaya yaitu:
1.
Wujud
kebudayaan sebagai suatu kompleksitas dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan
dan sebagainya.
2.
Wujud
kebudayaan sebagai suatu kompleksitas aktivitas kelakuan berpola dari manusia
dalam masyarakat,
3.
Wujud
kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.
2. Jelaskan
pengertian budaya kerja menurut hasil seminar KORPRI daerah istimewa Jogjakarta
tahun 1992!
JAWAB :
Dalam seminar korpri daerah Istimewa Yogyakarta
Nopember 1992 berkesimpulan bahwa:
1.
Budaya
kerja adalah salah satu komponen kualitas manusia yang sangat melekat dengan
identitas bangsa dan menjadi tolak ukur dasar dalam pembangunan
2.
Budaya
kerja dapat ikut menentukan integritas bangsa dan menjadi penyumbang utama
dalam menjamin kesinambungan kehidupan bangsa.
3.
Budaya
kerja sangat erat kaitannya dengan nilai-nilai yang dimilikinya, terutama
falsafah bangsa yang mampu mendorong prestasi kerja setinggi-tingginya.
3. Sebutkan
manfaat budaya kerja!
JAWAB :
Manfaat yang didapat antara lain menjamin hasil
kerja dengan kualitas yang lebih baik, membuka seluruh jaringan komunikasi,
keterbukaan, kebersamaan, kegotongroyongan, kekeluargaan, menemukan kesalahan
dan cepat memperbaiki, cepat menyesuaikan diri perkembangan dari luar (faktor
eksternal seperti pelanggan, teknologi, sosial, ekonomi, dan lain-lain).
4. Jelaskan
pengertian nilai budaya kerja!
JAWAB :
Nilai budaya kerja adalah pilihan nilai-nilai moral
dan etika yang dianggap baik dan positif meliputi nilai social budaya positif
yang relevan, norma atau kaidah, etika dan nilai kinerja produktif yang
bersumber dari pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
5. Sebutkan
fungsi nilai menurut Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RI No.
25/KEP/M.PAN/4/2002)
JAWAB:
Fungsi nilai:
1.
Memberikan
tujuan, arti, kesenangan dan nilai pada kehidupan untuk melakukan sesuatu
2.
Mempermudah
dalam membuat keputusan
3.
Menentukan
bagaimana kita melihat dan memahami persoalan
4.
Member arti
makan dan signifikansi pada masalah tertentu
5.
Ada yang
bersifat sesaat dan ada juga yang permanen.
6. Jelaskan
nilai budaya kerja yang terkandung dalam UUD 1945!
JAWAB :
Dalam pembukaan UUD 1945 terdapat rumusan mengenai
landasan falsafah Negara RI yang disebut Pancasila. Dalam lima sila tersebut
terdapat nilai-nilai yang hakiki, termanifestasikan dalam symbol-simbol
kehidupan bangsa, menandai realitas social masyarakat bangsa di seluruh wilayah
Negara, menjadi nilai pemersatu kehidupan sebagai bangsa, serta sebagai
pandangan hidup bangsa dan falsafah Negara atau falsafah dalam bernegara.
Soal
|
Apakah
yang dimaksud dengan wawasan tugas ?
|
Jawab
|
Wawasan
tugas adalah pemahaman terhadap kondisi yang mempengaruhi unit kerja, baik kondisi internal maupun
eksternal.
|
Soal
|
Apa yang
harus dipahami dalam wawasan tugas?
|
Jawab
|
Minimal,
seorang pegawai negeri harus mengerti visi dan misi instansi dima dia bekerja
|
Soal
|
Secara
operasional, ada berapa jenis organisasi pemerintah?
|
Jawab
|
Ada dua:
departemen dan lembaga pemerintah non-departemen (LPMD)
|
Ada dua:
kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian
|
|
Soal
|
Dimanakah
pusat pelaksanaan program budaya kerja?
|
Jawab
|
Pada diri
setiap pegawai yang semestinya siap untuk berubah menjadi lebih baik secara
terus-menerus
|
Soal
|
Sebutkan
empat potensi manusia karunia Tuhan yang membuat mereka bisa berubah!
|
Jawab
|
Menurut
Steven Covey :
(1)
Kesadaran Diri (2) hati nurani (3) kehendak bebas (4) imajinasi kreatif
|
Soal
|
Bagaimanakah
sifat cara kerja baru birokrasi yang diharapkan?
|
Jawab
|
Lebih
efektif dan efisien, lebih demokratis dan terbuka, lebih rasional dan
fleksibel dan lebih bersifat terdesentralisasi.
|
Soal
|
Sebutkan
aspek pelengkap bagi caa kerja baru organisasi agar tercipta hasil optimal!
|
Jawab
|
Gaya
kepemimpinan yang penuh keteladanan yang memberikan dorongan dan tanggung
jawab, serta yang mengajak bukan
memerintah.
|
Soal
|
Bagaimana
bentuk konkrit dari penerapan budaya kerja?
|
Jawab
|
Terbentuknya
organisasi pemerintah yang ditopang oleh persepsi dan kesadaran yang sama
akan tujuan organisasi, yang memiliki struktur terdiri dari
Serta yang didukung oleh komitmen yang tinggi
dari tiap pemimpinnya untuk menjalankan program budaya kerja.
|
Soal
|
Apa
bentuk nyata dari komitmen seorang pemimpin organisasi?
|
Jawab
|
Pemimpin
siap memberikan latihan, alat-alat, sumberdaya, kekuasaan, tanggung jawab,
kebebasan dan doronga kepada anggotanya. Komitmen juga berarti bertanya,
mendengarkan, melakukan, memutuskan, memberitahukan dan mengarahkan.
Singkatnya mempraktikkan komunikasi efektif, penuh rasa hormat dan akomodatif
terhadap anak buah.
|
Soal
|
Apa saja
langkah-langkah seorang pemimpin dalam pelaksanaan budaya kerja?
|
Jawab
|
Memberikan
fokus yang sama dalam visi dan strategi, melakukan penyempurnaan, merubah
diri mereka dan budaya kerja di organisasinya, dan memahami bahwa perubahan
itu memerlukan waktu.
|
Soal
|
Bagaimana
cara seseorang untuk menjadi disiplin?
|
Jawab
|
Orang
perlu mengenal dirinya sendiri; berusaha mendisiplinkan diri sendiri,
mendapatkan kepemimpinan yang penuh keteladanan, menanamkan semangat
kemandirian, menghindari sikap dan perilaku negatif dan menganggap disiplin
sebagai cermin ibadah.
|
F. GOOD GOVERNENCE
1.
Apa yang
dimaksud dengan GOOD GOVERNENCE?
Jawab
GOOD GOVERNENCE =
Kepemerintahan yang baik
Merupakan kepemerintahan yang mengembangkan dan
menerapkan prinsip – prinsip demokrasi, supremasi hokum, profesionalitas,
akuntabilitas, transparansi, pelayanan prima, efektif, efisian, dan dapat
diterima oleh seluruh masyarakat.
2.
Sebutkan
Asas GOOD GOVERNENCE!
Jawab
UU no. 28 tahun 1999 tentang Asas penyelenggaraan
Negara yang bebas KKN
UU no. 32 tahun 2001 tentang Pemerintahan daerah
yang memuat asas – asas umum pemerintahan
1.
Asas
Kepastian hokum
2.
Asas tertib
penyelenggaraan Negara
3.
Asas
kepentingan umum
4.
Asas
Proporsionalitas
5.
Asas
Akuntabilitas
3.
Apa Latar belakang adanya GOOD GOVERNENCE?
Jawab
Ide dari Negara – Negara donor (90an) untuk negara
penerima. Adapun tujuannnya adalah :
1.
Minimalkan
peran Negara
2.
Optimalkan
dunia usaha
3.
Amankan
investasi
4.
Sebutkan
Prinsip – prinsip GOOD GOVERNENCE?
PP No. 101 tahun 2000
1.
Demokrasi
2.
Supremasi
hukum
3.
Profesionalitas
4.
Akuntabilitas
5.
Transparansi
6.
Pelayanan
prima
7.
Efektif dan
Efisien
5.
Siapa saja
actor dari GOOD GOVERNENCE?
Jawab
Pemerintah, Dunia Usaha (swasta), dan masyarakat
6.
Apa saja
Agenda GOOD GOVERNENCE?
Jawab
1.
Top Down –
Button up
thank u sharing ya , en saya sudah baca juga tentang data diri menarik
ReplyDeletemudahan bermanfaat ya brother... tetap semangat berkarya untuk bangsa.. :)
Delete