Home » , » Kumpulan Soal-Jawab Seluruh Materi Diklat Prajabatan

Kumpulan Soal-Jawab Seluruh Materi Diklat Prajabatan

contoh iklan


A.     PERCEPATAN PEMBERANTASAN KORUPSI

1.    Jelaskan unsur-unsur dari perbuatan pidana?
Jawab:
-       Perbuatan manusia;
-       Memenuhi rumusan dalam undang-undang (syarat formil)
-       Bersifat melawan hukum (syarat materiil)
-        
2.    Siapa sajakah yang dapat menjadi subjek tindak pidana korupsi sebagaimana ditentukan dalam UU PTPK, uraikan dengan jelas.
Jawab:
-       Setiap orang
-       Penyelenggara Negara
-       Pegawai Negeri
-       Korporasi

3.    Apakah objek dari Korupsi, jelaskan dengan singkat.
Jawab:
a. Janji
b. Kesempatan
c. Kemudahan
d. Kekayaan milik Negara
-. Uang
-. Daftar
-. Surat, Akta
-. Barang


4.    Apakah yang dimaksud dengan “setiap orang” dalam ketentuan UUPTPK.
Jawab:
Orang perorangan atau termasuk korporasi.
( Pasal 1 angka 3 UUPTPK)

5.    Apakah yang menjadi dasar pemikiran penguasa perang di tahun 1957, mengeluarkan peraturan tentang pemberantasan korupsi
Jawab:
Peraturan Penguasa Militer Nomor PRT/PM/06/1957 yang dikeluarkan oleh Penguasa Militer Angkatan Darat dan berlaku untuk daerah kekuasaan Angkatan Darat. Konsiderans peraturan ini mengatakan: “Bahwa berhubung tidak adanya kelancaran dalam usaha-usaha memberantas perbuatan-perbuatan yang merugikan keuangan dan perekonomian negara, yang oleh khalayak ramai dinamakan korupsi, perlu segera menetapkan suatu cara kerja untuk dapat menerobos kemacetan dalam usaha-usaha memberantas korupsi … dst”

6.    Ada berapakah delik tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam UUPTPK, uraikan secara singkat.
Jawab:
Ketiga puluh (30) bentuk / jenis delik tindak pidana korupsi { Dua (2) jenis delik mengatur tentang perbuatan yang merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, sedangkan 28 jenis lainnya mengatur tentang perilaku penyelenggara negara terkait dengan kekuasaannya}, ketigapuluh delik tersebut dapat dikelompokkan dalam 7 (tujuh) kelompok, sebagai berikut:
1. Kerugian Keuangan Negara
2. Suap Menyuap
3. Penggelapan Dalam Jabatan
4. Pemerasan
5. Perbuatan Curang
6. Benturan Kepentingan Dalam Pengadaan
7. Gratifikasi
Sedangkan ke 6 (enam) tindak pidana lain yang berkaitan dengan tindak pidana korupsi terdiri atas:
1. Merintangi proses pemeriksaan perkara korupsi
2. Tidak memberi keterangan atau memberi keterangan yang tidak benar
3. Bank yang tidak memberikan keterangan rekening tersangka
4. Saksi atau akhli yang tidak memberi keterangan atau memberi keterangan palsu
5. Orang yang memegang rahasia jabatan tidak memberikan keterangan atau memberi keterangan palsu
6. Saksi yang membuka identitas pelapor

7.    Sebutkan macam-macam gratifikasi yang dapat diterima subjek tindak pidana korupsi
Jawab:
Penjelasan Pasal 12 B mengatakan bahwa yang dimaksud dengan “Gratifikasi” adalah pemberian dalam arti luas, yakni meliputi pemberian uang, barang, rabat (diskon, komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya, baik di dalam negeri maupun diluar negeri dan yang dilakukan dengan menggunakan sarana elektronik atau tanpa sarana elektronik.

8.    Bagaimanakah pendapat saudara dalam melaksanakan peran serta masyarakat, dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi?
Jawab:
Hendaknya masyarakat dalam berperan serta memberantas korupsi menyampaikan bukti-bukti adanya tindak pidana korupsi.Adapun alat bukti itu dapat berupa :
1. Pemeriksaan setempat
2. Surat/Akta (Surat Keputusan, Sertipikat Tanah, Disposisi, Surat Perjanjian dll)
3. Keterangan Saksi (Saksi Akhli, saksi yang memberatkan, dan saksi yang meringankan)
4. Sumpahan
5. Persangkaan
6. Pengakuan (dari saksi, tersangka, terdakwa, orang yang melihat, mengetahui peristiwa tersebut)

9.    Apakah tugas KPK sebagaimana diatur dalam Pasal 6 UU No. 30 Tahun 2002
Jawab:
1. Melakukan koordinasi dengan instansi yang berwenang melakukan tindak pidana korupsi
2. Melaksanakan supervisi terhadap instansi berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi
3. Melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi
4. Melakukan tindakan-tindakan pencegahan tindakan pidana korupsi
5. Melakukan monitor terhadap pelanggaran pemerintahan Negara

10.  Sebutkan Badan-badan pemberantasan korupsi yang sudah ada?
Jawab:
1.)  Tim Pemberantasan Korupsi
Dasar Hukum: Keppres Nomor 228 Tahun 1967 Tanggal 2 Desember 1967 dan Undang-Undang No 24 Tahun 1960
Tugas: Membantu Pemerintah memberantas korupsi dengan tindakan preventif dan represif
2.) Komite Anti Korupsi, Komite ini dibentuk pada tahun 1970
3.) Komite Empat
Dasar Hukum: Keppres No 12 Tahun 1970 Tanggal 31 Januari 1970
Tugas: a. Menghubungi pejabat, atau instansi swasta sipil, atau militer;
b. Memeriksa administrasi pemerintah dan swasta
c. Meminta bantuan aparatur pemerintah pusat dan daerah
4.) Obstib
Dasar Hukum: Inpres No 9 Tahun 1977
Tugas:
a. Pada awalnya pembersihan pungutan liar di jalanjalan, penertiban uang siluman di pelabuhan, baik pungutan tidak remsi maupun resmi, tetapi tidak sah menurut hukum
b. Pada tahun 1977 diperluas sasaran penertiban, beralih dari jalan-jalan ke aparat departemen dan daerah.
5.) Tim Pemberantasan Korupsi, Dibentuk pada tahun 1982
Dasar Hukum: menghidupkan kembali TPK tanpa diikuti
Keppres atau Inpres
6.) KPKPN
Dasar Hukum: Undang-Undang No 28 Tahun 1999 dan Keppres No 27 Tahun 1998 Tentang Komisi Pemeriksaan Kekayaan Negara.
Tugas: mengungkap kasus-kasus korupsi yang sulit ditangani Kejaksaan Agung.
7.) Komisi Pemberantasan Korupsi
 Dasar Hukum: Undang-Undang No 30 Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai pelaksanaan dari pasal 43 UU PTPK.
Komisi ini mempunyai kewenangan untuk melaksanakan penyelidikan, penyidikan dan penuntutan atas perkara tindak pidana korupsi yang melibatkan aparat penegak hukum, penyelenggara negara, dan orang lain yang ada kaitannya dengan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh aparat penegak hukum atau penyelenggara negara, yang mendapat perhatian dan meresahkan masyarakat, dan / atau menyangkut kerugian negara paling sedikit Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

11.  Sebutkan peran serta masyarakat dan dasar hukum yang mendasarinya?
Jawab:
-       hak mencari, memperoleh dan memberikan informasi adanya dugaan telah terjadi tindak pidana korupsi
-       hak untuk memperoleh pelayanan dalam mencari, memperoleh dan memberikan informasi adanya dugaan telah terjadi tindak pidana korupsi pada penegak hukum yang menangani perkara tindak pidana korupsi;
-       hak menyampaikan saran dan pen dapat secara bertanggungjawab kepada penegak hukum yang menangani perkara tindak pidana korupsi;
-       hak untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan tentang laporannya yang diberikan kepada penegak  hukum dalam waktu 30 (tiga puluh) hari.
-       Hak untuk memperoleh perlindungan hukum

Dasar Hukum: Bab V Pasal 41 Undang-Undang No 31 Tahun 1999 jo. UU No 20 Tahun
2001 Tentang Pemberantasan tindak Pidana Korupsi dalam yang mengatur tentang peran serta masyarakat dalam pemberantasan korupsi,

12.  Jelaskan keikutsertaan Indonesia dalam Percepatan Pemberantasan Korupsi di Dunia Internasional?
Jawab:
Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa Mengenai Korupsi, Tahun 2003 (United Nation Convention Against Corruption, 2003).
Maksud dan tujuan konvensi:
-       Memajukan dan memperkuat tindakan-tindakan memberantas korupsi yg lebih efektif
-       Memajukan, memfasilitasi dan mendukung kerjasama internasional dan bantuan teknis dalam mencegah dan memerangi korupsi, termasuk pengembalian asset
-       Memajukan integritas, akuntabilitas dan manajemen yang seharusnya dalam soal-soal publik dan harta public

B.    MANAJEMEN KEPEGAWAIAN NEGARA

  1. Jelaskan pengertian menajemen kepegawaian negera?
Menajemen kepegawaian Negara adalah proses dan prosedur tertentu di bidang kepegawaian yang mencakup kegiatan-kegiatan penerimaan, penempatan, penggajian, promosi, penilaian kinerja dan pemberhentian Pegawai negeri di lingkungan instansi pemerintahan
  1. Jelaskan pengertian PNS menurut UU no 8 tahun 1974 jo UU no 43 thn 1999?
Setiap warga Negara Republik Indonesia yang telah memenuhi syarat yang di tentukan oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri, atau diserahi tugas Negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  1. Sebutkan pembagian PNS menurut UU no 8 tahun 1974 jo UU no 43 thn 1999?
    1. pegawai negeri sipil (PNS)
    2. anggota tentara nasional Indonesia (TNI)
    3. anggota kepolisian Negara republik Indonesia (POLRI)
  2. Sebutkan hak PNS
    1. memperoleh gaji yang adil dan layak sesuai dengan beban pekerjaannya dan tanggung jawabnya
    2. memperoleh cuti
  3. Sebutkan 5  kewajiban PNS
    1. Setia dan taan sepenuhnya kepada Pancasila, UUD tahun 1945, Negara dan pemerintah
    2. Mengutamakan kepentingan Negara di atas kepentingan golongan atau diri sendiri, serta menghindarkan segala sesuatu yang dapat mendesak kepentingan Negara oleh kepentingan golongan, diri sendiri atau pihak lain
    3. Menjunjung tinggi kehormatan dan martabat Negara, pemerintah dan pegawai negeri sipil
    4. Bekerja dengan jujur, tertib, cermat dan semangat untuk kepentingan Negara
    5. Menaati ketenuan jam kerja
  4. Sebutkan  5 larangan PNS
    1. melakukan hal yang dapat menurunkan kehormatan atau martabat Negara, pemerintah, atau pegawai negeri sipil
    2. menyalahgunakan wewenangnya
    3. tanpa izin pemerintah, menjadi pegawai atau bekerja untuk Negara asing
    4. menyalahgunakan surat-surat, barang-barang berharga milik Negara
    5. bertindak sewenang-wenang terhadap bawahannya
  5. Sebutkan hukuman pelanggaran disiplin menurut pasal 1 PP no 30 tahun 1980
Hukuman pelanggaran disiplin disini adalah setiap ucapan, tulisan atau perbuatan PNS yang melanggar ketentuan Peraturan Disiplin PNS baik yang dilakukan di dalam maupun diluar jam kerja
  1. Sebutkan fungsi KORPRI
    1. pelopor dalam meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme anggota
    2. melindungi dan mengayomi anggota
    3. penyalur kepentingan para anggotanya
    4. pelopor dalam menyukseskan program pembangunan nasional
  2. Sebutkan tujuan didirikannya KORPRI
    1. mewujudkan pelaksanaan peraturan perundang-undangan pegawai republic Indonesia serta menjamin perlindungan hak-hak pegawai republic Indonesia guna mencapai ketenangan dan kelangsungan kerja usaha untuk meningkatkan taraf hidup, kecerdasan, dan kesejahteraan
    2. menghimpun dan menyatukan pegawai Republik Indonesia untuk mewujudkan rasa setia kawan dan tali persaudaraan antara sesame pegawai republic indonesia
  3. Apa yang disebut dengan pengadaan CPNS
Kegiatan untuk mengisi formasi yang lowong sebagaimana di atur dalam PP no 98 tahun 2000 yang telah di ubah dengan PP No 11 tahun 2002 tentang pengadan PNS
  1. Jelaskan system pembinaan PNS menurut Pasal 12 (2) UU No 43 th 1999
Yakni perpaduan antara system prestasi kerja dan system karir yg dititikberatkan pada system prestasi kerja dalam pembinaan PNS.
  1. Jelaskan system karir tertutup?
Sistem kepegawaian dimana suatu jabatan yang lowong dalam suatu organisasi hanya dapat diduduki oleh pegawai yang telah ada dalam organisasi itu, tidak boleh diduduki oleh orang luar.
13.Sistem Skala ganda ??
      Sistem penggajian yang menentukan besarnya gaji bukan saja didasarkan pada pangkat, tetapi juga didasarkan pada sifat pekerjaan yang dilakukan, prestasi kerja yang dicapai, dan beratnya tanggung jawab yang dipikul dalam melaksanakan pekerjaan itu.
14.Sebutkan peraturan pemerintah yang mengatur tentang peraturan gaji PNS?
      PP No. 11 tahun 2003 ttg peraturan gaji pegawai negeri sipil.
15. Sebutkan macam-macam tanda jasa yang diberikan kepada PNS sesuai Kepres No. 25 tahun 1994:
      a. Satyalancana karya satya 10 thn warna perunggu
      b. Satyalancana karya satya 20 thn warna perak
      c. Satyalancana karya satya 30 thn warna emas
16.Jelaskan tujuan pendidikan dan pelatihan PNS sesuai UU No 43 thn 1999 pasal 31?
      Mencapai daya guna dan hasil guna yang sebesar-besarnya diadakan pengaturan dan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan jabatan PNS yg bertujuan meningkatkan pengabdian, mutu, keahlian, kemampuan dan ketrampilan.
17. Prinsip pokok pendidikan dan pelatihan terbagi atas?
      a. Pendidikan dan pelatihan prajabatan (pre service training)
      b. Pendidikan dan pelatihan dalam jabatan (in service training)
18.Sebutkan klasifikasi pemberhentian PNS sesuai dengan PP No. 32 tahun 1979
      a. Atas permintaan sendiri
      b. Mencapai batas usia pension
      c. Penyederhanaan organisasi
      d. Pelanggaran tindak pidana
      e. Tidak cakap jasmani dan rohani
      f. Meninggalkan tugas
      g. Meninggal dunia . hilang               h. Karena hal-hal lainnya
19. Pemberhentian dengan hormat ??
      Yakni pemberhentian yang disertai hak-hak kepegawaian sesuai dengan peraturan perundang-udangan yang berlaku.
20. Sebutkan jenis kenaikan pangkat sesuai dengan PP No 90 tahun 2000 Jo PP No 12 tahun 2002?
         a. Kenaikan pangkat regular: kenaikan pangkat yang diberikan tanpa terikat    aaapada    jabatan.
         b. Kenaikan pangkat jabatan :  diberikan atas dasar prestasi kerja yang tinggi.
C.    PELAYANAN PRIMA

1.    Jelaskan kebijakan pemerintah yang digunakan sebagai landasan bagi pemberian pelayanan yang baik?
Jawab:
Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan aparatur Negara (Meneg PAN) No. 63/Kep/MPAN/7/2003, yang memberikan pengertian pelayanan public yaitu segala kegiatan pelayanan yang dilakssnkan oleh penyelenggara pelayanan public sebagai upaya pemenuhan kebutuhan, penerimaan pelayanan maupun pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2.    Sebutkan kriteria kinerja pelayanan menurut lembaga administrasi Negara?
Jawab:
a)    Kesederhanaan
b)    Reliabilitas
c)     Tanggung jawab dari petugas pelayanan
d)    Kecakapan
e)    Pendekatan kepada pelanggan
f)     Keramahan
g)    Keterbukaan
h)    Kredibilitas
i)      Kejelasan dan kepastian
j)     Keamanan
k)    Ekonomis dan efisien

3.    Jelaskan tentang komitmen pelayanan?
Jawab:
a.    Kejelasan
b.    Konsistensi
c.     Komunikasi
d.    Komitmen

4.    Jelaskan tentang pelayanan yang mengacu kepada kepuasan pelanggan?
Jawab:
a.    Kalau kinerjanya dibawah harapan, pelanggan akan merasa kecewa
b.    Kalau kinerjanya sesuai harapan, pelanggan akan merasa puas
c.     Kalau kinerjanya melebihi harapan, pelanggan akan sangat puas

5.    Jelaskan tentang kategori keluhan pelanggan?
Jawab:
a.    Mechanical complaint/ keluhan mekanikal
b.    Attitudinal complaint/ keluhan akibat sikap petugas pelayanan
c.     Service related complaint/ keluhan yang berhubungan dengan pelayanan
d.    Unsual complaint/ keluhan yang aneh

6.    Jelaskan tentang cara mengatasi keluhan pelanggan?
Jawab:
a.    Pelanggan biasanya marah pada saat menyampaikan keluhan. Olejh karena itu, petugas pelayanan tidak boleh terpancing untuk ikut marah
b.    Petugas pelayanan tidak boleh memberikan janji-janji yang sebenarnya sulit dipenuhi serta tidak menjanjikan sesuatu yang berada d luar wewenangnya.
c.     Jika permasalahan tidak dapat di selesaikan sedanglkan petugas sudah berbuat maksimal, petugas harus berani menyatakan menyerah dengan jujur.
d.    Ada pelanggan yang selalu mengeluh untuk menghadapi pelanggan seperti itu, petugas harus sabar dan melakukan pendekatan secara khusus

7.    Jelaskan tentang perubahan paradigma pelayanan?
Jawab:
Pelayanan pada masyarakat di masa datang itu hendaknya: makin lama makin baik (better), makin lama makin cepat (Faster), makin lama makin diperbaharui (newer), makin lama makin murah (Cheaper), dan makin lama makin sederhana (more simple)

8.    Jelaskan jenis-jenis pelanggan?
Jawab:
a.    Pelanggan internal organisasi
b.    Pelanggan internal pemerintah

9.    Jelaskan cara meningkatkan citra positif di mata pelanggan?
Jawab:
a.    Membangun citra diri positif
b.    Berusaha mengerti terlebih dahulu, baru dimengerti
c.     Mengenal karakter pelanggan

10.  Jelaskan cara mengenal karakter pelanggan?
Jawab:
a.    Pusatkan perhatian pada pelanggan
b.    Memberikan pelayanan yang efisien
c.     Meningkatkan perasaan harga diri pelanggan
d.    Membina hubungan baik dengan pelanggan
e.    Dapat menentukan apa keinginan pelanggan
f.     Mengalihkan pelayanan ke orang lain

11.  Sebutkan mitra dalam pelayanan/
Jawab;
Teman kerja dan masyarakat

12.  Apa yang perlu diperhatikan agar masyarakat, rekan kerja dapat dijadikan mitra dalam pelayanan?
Jawab:
a.    Penetapan kebijakan (arranger)
b.    Peranan penyedia (producer)
c.     Peranan konsumen (consumer)
13.  Apakah yang membuat kemitraan pelanggan berjalan dan bertahan lama :
Jawab:
Keberlimpahan, kepercayaan, impian, keseimbangan dan keindahan, serta kebenaran dan kejujuran

D.    MEMBANGUN KERJASAMA TIM
Apakah yang dimaksud dengan kelompok?
Suatu unit yang merupakan sekelompok atau sekumpulan 2 orang atau lebih yang satu sama lain berinteraksi dalam mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan secara bersama-sama dalam suatu wadah tertentu.
Apakah kelompok sama dengan tim?
Kelompok belum tentu merupakan tim, namun tim pasti merupakan suatu kelompok, maka dari itulah kelompok tidak sama dengan tim.
Mengapa dalam organisasi perlu bekerja di dalam tim?
Karena banyak keuntungan bekerja dalam tim yang hasilnya lebih maksimal dan juga dapat mewujudkan kinerja organisasi yang lebih baik.
Apakah manfaat bekerja dalam tim?
Beberapa manfaat bekerja secara tim antara lain adalah sbb:
-             Tujuan dan sasaran individu dan tim akan tercapai secara maksimal
-             Tercipta rasa saling menghargai satu sama lain dan apabila terjadi perbedaan-perbedaan diselesaikan secara terbuka dengan prinsip win-win solution
-             Masing-masing anggota mau berbagi
-             Bebas mengemukakan ide dan gagasannya secara kreatif
-             Pembagian tugas secara musyawarah dengan asas profesionalisme
-             Terhindar dari stress karena masing-masing pihak bebas mengutarakan pendapatnya
Apakah ciri-ciri organisasi disebut sebagai suatu tim?
Ciri-ciri organisasi disebut juga sebagai suatu tim karena mempunyai keikatan dan interaksi yang harmonis.
Apakah tim dinamis itu?
Tim dinamis adalah tim yang berkinerja tinggi, tim yang memanfaatkan energinya secara maksimal untuk menghasilkan sesuatu. Tim yang penuh percaya diri, tim yang saling tergantung satu sama lain.
Apa saja unsur-unsur tim yang dinamis?
Adapun unsur-unsur tim yang dinamis antara lain adalah menyatakan secara jelas misi dan tujuannya, beroperasi secara kreatif, memfokuskan pada hasil, memperjelas peran dan tanggung jawab, diorganisir secara baik, dibangun di atas kekuatan individu, saling mendukung kepemimpinan anggota yang lain, mengembangkan iklim tim, menyelesaikan ketidaksepakatan, berkomunikasi secara terbuka, membuat keputusan secara obyektif, mengevaluasi efektivitasnya sendiri.
Untuk mencapai tim yang dinamis tentu saja mengacu pada perkembangan tim dan perlunya membangun rasa kebersamaan dan mampu menumbuhkan kebanggaan tim.
Apakah tahapan perkembangan tim?
Tahapan perkembangan tsb adalah sbb:
-             Menetapkan arah (drive)
-             Bergerak (strive)
-             Mempercepat gerak (thrive)
-             Sampai (arrive)
Bagaimana membangun rasa kebersamaan tim?
Dalam sebuah tim harus memiliki anggota yang memiliki karakteristik yang berorientasi pada opini, berorientasi pada persamaan serta berorientasi pada tujuan.
Bagaimana membangun kebanggaan tim?
Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan tim agar anggota tim mampu membangun kebanggaannya adalah sbb:
-             Memotivasi anggota tim untuk berkomitmen
-             Memotivasi anggota tim yang tidak termotivasi
Apa yang dimaksud dengan konflik?
Konflik adalah segala macam bentuk pertikaian yang terjadi dalam organisasi, baik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok maupun kelompok yang bersifat antagonis.
Konflik terjadi pada setiap individu dan sulit dihindarkan. Penanganan konflik secara dini akan membantu tim dalam meningkatkan kinerjanya. Konflik selalu melibatkan dua orang atau lebih yang terjadi apabila salah satu pihak merasa kepentingannya dihalang-halangi atau akan dihalang-halangi.
Hal-hal apakah yang menjadi sumber konflik?
Sumber-sumber konflik antara lain adalah: (1) Menghalang-halangi sasaran perorangan; (2) Kehilangan status; (3) Perbedaan sudut pandang; (4) Kehilangan otonomi atau kekuasaan; (5) Kehilangan sumber-sumber apalagi sumber yang langka; (6) Ketidakadilan; (7) Mengancam nilai-nilai dan lain sebagainya.
Konflik yang timbul tidak bisa dihindari karena: (1) Perbedaan Kebutuhan, Tujuan dan Nilai-nilai; (2) Perbedaan cara pandangan terhadap motif, ujaran, tindakan dan situasi; (3) Perbedaan terhadap hasil, suka versus tidak suka; (4) Enggan untuk bekerja sama dalam membahas permasalahan, kolaborasi atau tanggung jawab.
Bagaimana langkah-langkah penyelesaian konflik?
Langkah-langkah penyelesaian konflik: (1) Mengakui adanya konflik; (2) Mengidentifikasi konflik secara sebenarnya; (3) Dengan semua pendapat; (4) Bersama-sama mencari cara untuk menyelesaikan konflik; (5) Mendapatkan kesepakatan dan tanggungjawab untuk menemukan solusi; (6) Menjadwal sesi tindak lanjut untuk mengkaji solusi.
Sebutkan beberapa gaya tanggapan konflik?
Gaya tanggapan konflik: (1) Menghindar; (2) Mengakomodasi; (3) Menang/kalah; (4) Kompromi; (5) Penyelesaian masalah.
E. SOAL-SOAL BUDAYA KERJA
1.    Sebutkan tiga bentuk budaya!
JAWAB :
Ada tiga bentuk budaya yaitu:
1.    Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleksitas dari ide-ide,  gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan dan sebagainya.
2.    Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleksitas aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat,
3.    Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.
2.    Jelaskan pengertian budaya kerja menurut hasil seminar KORPRI daerah istimewa Jogjakarta tahun 1992!
JAWAB :
Dalam seminar korpri daerah Istimewa Yogyakarta Nopember 1992 berkesimpulan bahwa:
1.    Budaya kerja adalah salah satu komponen kualitas manusia yang sangat melekat dengan identitas bangsa dan menjadi tolak ukur dasar dalam pembangunan
2.    Budaya kerja dapat ikut menentukan integritas bangsa dan menjadi penyumbang utama dalam menjamin kesinambungan kehidupan bangsa.
3.    Budaya kerja sangat erat kaitannya dengan nilai-nilai yang dimilikinya, terutama falsafah bangsa yang mampu mendorong prestasi kerja setinggi-tingginya.
3.    Sebutkan manfaat budaya kerja!
JAWAB :
Manfaat yang didapat antara lain menjamin hasil kerja dengan kualitas yang lebih baik, membuka seluruh jaringan komunikasi, keterbukaan, kebersamaan, kegotongroyongan, kekeluargaan, menemukan kesalahan dan cepat memperbaiki, cepat menyesuaikan diri perkembangan dari luar (faktor eksternal seperti pelanggan, teknologi, sosial, ekonomi, dan lain-lain).
4.    Jelaskan pengertian nilai budaya kerja!
JAWAB :
Nilai budaya kerja adalah pilihan nilai-nilai moral dan etika yang dianggap baik dan positif meliputi nilai social budaya positif yang relevan, norma atau kaidah, etika dan nilai kinerja produktif yang bersumber dari pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
5.    Sebutkan fungsi nilai menurut Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RI No. 25/KEP/M.PAN/4/2002)
JAWAB:
Fungsi nilai:
1.    Memberikan tujuan, arti, kesenangan dan nilai pada kehidupan untuk melakukan sesuatu
2.    Mempermudah dalam membuat keputusan
3.    Menentukan bagaimana kita melihat dan memahami persoalan
4.    Member arti makan dan signifikansi pada masalah tertentu
5.    Ada yang bersifat sesaat dan ada juga yang permanen.
6.    Jelaskan nilai budaya kerja yang terkandung dalam UUD 1945!
JAWAB :
Dalam pembukaan UUD 1945 terdapat rumusan mengenai landasan falsafah Negara RI yang disebut Pancasila. Dalam lima sila tersebut terdapat nilai-nilai yang hakiki, termanifestasikan dalam symbol-simbol kehidupan bangsa, menandai realitas social masyarakat bangsa di seluruh wilayah Negara, menjadi nilai pemersatu kehidupan sebagai bangsa, serta sebagai pandangan hidup bangsa dan falsafah Negara atau falsafah dalam bernegara.
Soal
Apakah yang dimaksud dengan wawasan tugas ?


Jawab
Wawasan tugas adalah pemahaman terhadap kondisi yang mempengaruhi  unit kerja, baik kondisi internal maupun eksternal.


Soal
Apa yang harus dipahami dalam wawasan tugas?


Jawab
Minimal, seorang pegawai negeri harus mengerti visi dan misi instansi dima dia bekerja


Soal
Secara operasional, ada berapa jenis organisasi pemerintah?


Jawab
Ada dua: departemen dan lembaga pemerintah non-departemen (LPMD)

Ada dua: kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian


Soal
Dimanakah pusat pelaksanaan program budaya kerja?


Jawab
Pada diri setiap pegawai yang semestinya siap untuk berubah menjadi lebih baik secara terus-menerus


Soal
Sebutkan empat potensi manusia karunia Tuhan yang membuat mereka bisa berubah!


Jawab
Menurut Steven Covey :
(1) Kesadaran Diri  (2) hati nurani  (3) kehendak bebas  (4) imajinasi kreatif


Soal
Bagaimanakah sifat cara kerja baru birokrasi yang diharapkan?


Jawab
Lebih efektif dan efisien, lebih demokratis dan terbuka, lebih rasional dan fleksibel dan lebih bersifat terdesentralisasi.


Soal
Sebutkan aspek pelengkap bagi caa kerja baru organisasi agar tercipta hasil optimal!


Jawab
Gaya kepemimpinan yang penuh keteladanan yang memberikan dorongan dan tanggung jawab, serta yang mengajak bukan  memerintah.


Soal
Bagaimana bentuk konkrit dari penerapan budaya kerja?


Jawab
Terbentuknya organisasi pemerintah yang ditopang oleh persepsi dan kesadaran yang sama akan tujuan organisasi, yang memiliki struktur terdiri dari
  1. Penanggung jawab
  2. Tim Pengarah
  3. Fasilitator
  4. Ketua kelompok
  5. Anggota-anggota
Serta yang didukung oleh komitmen yang tinggi dari tiap pemimpinnya untuk menjalankan program budaya kerja.


Soal
Apa bentuk nyata dari komitmen seorang pemimpin organisasi?


Jawab
Pemimpin siap memberikan latihan, alat-alat, sumberdaya, kekuasaan, tanggung jawab, kebebasan dan doronga kepada anggotanya. Komitmen juga berarti bertanya, mendengarkan, melakukan, memutuskan, memberitahukan dan mengarahkan. Singkatnya mempraktikkan komunikasi efektif, penuh rasa hormat dan akomodatif terhadap anak buah.


Soal
Apa saja langkah-langkah seorang pemimpin dalam pelaksanaan budaya kerja?


Jawab
Memberikan fokus yang sama dalam visi dan strategi, melakukan penyempurnaan, merubah diri mereka dan budaya kerja di organisasinya, dan memahami bahwa perubahan itu memerlukan waktu.


Soal
Bagaimana cara seseorang untuk menjadi disiplin?


Jawab
Orang perlu mengenal dirinya sendiri; berusaha mendisiplinkan diri sendiri, mendapatkan kepemimpinan yang penuh keteladanan, menanamkan semangat kemandirian, menghindari sikap dan perilaku negatif dan menganggap disiplin sebagai cermin ibadah.

F. GOOD GOVERNENCE
1.    Apa yang dimaksud dengan GOOD GOVERNENCE?
Jawab
GOOD GOVERNENCE =  Kepemerintahan yang baik
Merupakan kepemerintahan yang mengembangkan dan menerapkan prinsip – prinsip demokrasi, supremasi hokum, profesionalitas, akuntabilitas, transparansi, pelayanan prima, efektif, efisian, dan dapat diterima oleh seluruh masyarakat.

2.    Sebutkan Asas GOOD GOVERNENCE!
Jawab
UU no. 28 tahun 1999 tentang Asas penyelenggaraan Negara yang bebas KKN
UU no. 32 tahun 2001 tentang Pemerintahan daerah yang memuat asas – asas umum pemerintahan
1.    Asas Kepastian hokum
2.    Asas tertib penyelenggaraan Negara
3.    Asas kepentingan umum
4.    Asas Proporsionalitas
5.    Asas Akuntabilitas
3.    Apa  Latar belakang adanya GOOD GOVERNENCE?
Jawab
Ide dari Negara – Negara donor (90an) untuk negara penerima. Adapun tujuannnya adalah :
1.    Minimalkan peran Negara
2.    Optimalkan dunia usaha
3.    Amankan investasi
4.    Sebutkan Prinsip – prinsip GOOD GOVERNENCE?
PP No. 101 tahun 2000
1.    Demokrasi
2.    Supremasi hukum
3.    Profesionalitas
4.    Akuntabilitas
5.    Transparansi
6.    Pelayanan prima
7.    Efektif dan Efisien

5.    Siapa saja actor dari GOOD GOVERNENCE?
Jawab
Pemerintah, Dunia Usaha (swasta), dan masyarakat
6.    Apa saja Agenda GOOD GOVERNENCE?
Jawab
1.    Top Down – Button up

contoh iklan

2 comments:

  1. thank u sharing ya , en saya sudah baca juga tentang data diri menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudahan bermanfaat ya brother... tetap semangat berkarya untuk bangsa.. :)

      Delete

Kepada Pengunjung jangan lupa komentarnya yah ...

Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.. :)