Berdasarkan
rangkuman yang kami sadur dari modul materi Manajemen Kepegawaian Negara, kami
mencoba merangkum soal-jawab yang terkait dengan materi tersebut, berikut
hasilnya :
1.
Jelaskan
kebijakan pemerintah yang digunakan sebagai landasan bagi pemberian pelayanan
yang baik?
Jawab:
Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan aparatur Negara (Meneg PAN) No.
63/Kep/MPAN/7/2003, yang memberikan pengertian pelayanan public yaitu segala
kegiatan pelayanan yang dilakssnkan oleh penyelenggara pelayanan public sebagai
upaya pemenuhan kebutuhan, penerimaan pelayanan maupun pelaksanaan ketentuan
peraturan perundang-undangan.
2.
Sebutkan
kriteria kinerja pelayanan menurut lembaga administrasi Negara?
Jawab:
a.
Kesederhanaan
b.
Reliabilitas
c.
Tanggung jawab
dari petugas pelayanan
d.
Kecakapan
e.
Pendekatan
kepada pelanggan
f.
Keramahan
g.
Keterbukaan
h.
Kredibilitas
i.
Kejelasan dan
kepastian
j.
Keamanan
k.
Ekonomis dan efisien
3.
Jelaskan
tentang komitmen pelayanan?
Jawab:
a.
Kejelasan
b.
Konsistensi
c.
Komunikasi
d.
Komitmen
4.
Jelaskan
tentang pelayanan yang mengacu kepada kepuasan pelanggan !
Jawab:
a.
kalau
kinerjanya dibawah harapan, pelanggan akan merasa kecewa
b.
Kalau kinerjanya sesuai harapan, pelanggan akan merasa puas
c.
Kalau
kinerjanya melebihi harapan, pelanggan akan sangat puas
5.
Jelaskan
tentang kategori keluhan pelanggan?
Jawab:
a.
Mechanical
complaint/ keluhan mekanikal
b.
Attitudinal
complaint/ keluhan akibat sikap petugas pelayanan
c.
Service related
complaint/ keluhan yang berhubungan dengan pelayanan
d.
Unsual complaint/
keluhan yang aneh
6.
Jelaskan
tentang cara mengatasi keluhan pelanggan?
Jawab:
a.
Pelanggan
biasanya marah pada saat menyampaikan keluhan. Olejh karena itu, petugas
pelayanan tidak boleh terpancing untuk ikut marah
b.
Petugas
pelayanan tidak boleh memberikan janji-janji yang sebenarnya sulit dipenuhi
serta tidak menjanjikan sesuatu yang berada d luar wewenangnya.
c.
Jika
permasalahan tidak dapat di selesaikan sedanglkan petugas sudah berbuat
maksimal, petugas harus berani menyatakan menyerah dengan jujur.
d.
Ada pelanggan yang selalu mengeluh untuk menghadapi pelanggan seperti itu,
petugas harus sabar dan melakukan pendekatan secara khusus
7.
Jelaskan
tentang perubahan paradigma pelayanan?
Jawab:
Pelayanan pada masyarakat di masa datang itu hendaknya: makin lama makin
baik (better), makin lama makin cepat (Faster), makin lama makin diperbaharui
(newer), makin lama makin murah (Cheaper), dan makin lama makin sederhana (more
simple)
8.
Jelaskan
jenis-jenis pelanggan?
Jawab:
a.
Pelanggan
internal organisasi
b.
Pelanggan
internal pemerintah
9.
Jelaskan cara
meningkatkan citra positif di mata pelanggan?
Jawab:
a.
Membangun citra
diri positif
b.
Berusaha mengerti terlebih dahulu, baru dimengerti
c.
Mengenal karakter pelanggan
10.
Jelaskan cara
mengenal karakter pelanggan?
Jawab:
a. Pusatkan perhatian pada pelanggan
b. Memberikan pelayanan yang efisien
c.
Meningkatkan perasaan harga diri pelanggan
d. Membina
hubungan baik dengan pelanggan
e.
Dapat menentukan apa keinginan pelanggan
f.
Mengalihkan pelayanan ke orang lain
11.
Sebutkan mitra
dalam pelayanan!
Jawab;
Teman kerja dan masyarakat
12.
Apa yang perlu
diperhatikan agar masyarakat, rekan kerja dapat dijadikan mitra dalam
pelayanan?
Jawab:
a.
Penetapan
kebijakan (arranger)
b.
Peranan penyedia (producer)
c.
Peranan konsumen (consumer)
13.
Apakah yang membuat kemitraan pelanggan berjalan dan bertahan lama :
Jawab:
Keberlimpahan, kepercayaan, impian, keseimbangan dan keindahan, serta
kebenaran dan kejujuran
Tim Penyusun : Peserta Diklat Prajabatan
Angkatan II Kemenag Se-Kalseltengtim tahun 2011
Editor
: Nur Ali, SE
makasih
ReplyDeletemksh buat materinya, sangat berguna!!
ReplyDeleteKISAH CERITA SUKSES SAYA AWAL
ReplyDeleteJADI PNS
Sumpah demi allah ini betul betul kisah cerita Nyata dari saya.
Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru PNS di SD NEGERI 07 WARU kabupaten sidoarjo jawa timur, saya ingin mempublikasikan awal KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No tlp beliau 0853-2174-0123 beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat siapa tau beliau masih bisa membantu anda teman teman. Amin