Home » , , » Cara Mendaftarkan Lokasi Kita di Google Map

Cara Mendaftarkan Lokasi Kita di Google Map

contoh iklan


Walaupun berkembangnya sarana transprotasi saat sekarang ini, Lokasi sekolah, atau tempat kerja kita tentunya mungkin masih banyak yang belum tahu, terutama bagi orang-orang jauh dari daerah tersebut. Dengan perkembangan teknologi sekarang, terlebih disediakannya googlemap oleh perusahaan google, memudahkan kita menemukan daerah-daerah yang belum kita ketahui.
Seiring itu, ternyata kita sebagai pengguna layanan google bisa menggunakan akses ke googlemap tersebut dengan mendaftarkan lokasi pekerjaan kita disana. Tentunya syarat utamanya adalah memiliki akun gmail. 
Saya sendiri awalnya bingung bagaimana cara untuk memasukkannya, dan setelah search kesana -kemari akhirnya dapat juga sumber yang lumayan valid dan bisa dijadikan sebagai pedoman, walaupun sepertinya juga sudah ketinggalan.
Berikut langkah-langkahnya :
  1. Buka dulu http://www.google.com/local/add dan login menggunakan email anda atau email sekolah anda
  2. Masukkan suatu nama pada kolom pencarian dan pilih “Tidak, ini bukan bisnis saya izinkan saya mendaftarkan bisnis saya”
  3. Isi kolom yang disediakan sesuai dengan keinginan anda /sesuaikan dengan sekolah anda, termasuk nomer telepon yang didaftarkan sebagai penanggungjawab, dan pastikan aktif karena akan digunakan untuk menerima kode validasi (tapi saya kok tidak dikirimi validasi ya ? hehe)
  4. Jika sudah selesai mengisi, klik tombol kirim. Jika terjadi masalah (seperti masalah yang kami temui yaitu alamat kita masih belum dikenali) pilih “Ada masalah ? Bantu kami menemukan lokasi bisnis anda”, setelahnya seret pin yang tersedia ke lokasi sekolah anda lalu klik “Oke” (jika ingin mengubah peta dari 2 dimensi ke pencitraan satelit, klik “satelit” di sebelah kanan atas peta.
  5. Setelah selesai konfirmasi sekali lagi dengan mengklik “kirim”
  6. Setelah selesai maka tinggal menunggu verifikasi.
  7. Verifikasi akan tertunda jika kita belum terdaftar sebelum dalam google+, untuk itu kita mesti mendaftar dulu di google+ untuk bisa memunculkan pin kita.
  8. Setelah selesai di verifikasi, maka kita tinggal menunggu sekitar 2 minggu (bahkan kurang) untuk memunculkan pin kita di googlemap.

Update :
Hmm,, ternyata kita mesti menunggu kiriman pos dari google untuk memverifikasi akun kita... mudah-mudahan ada cara yang lebih baik.. lama juga menunggunya.. :(

Selamat mencoba...

contoh iklan

94 comments:

  1. Gak Asek Gak Ada Gambarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf,, fotonya ga ada lagi,, kepisah2 pas merekam sama memposting.. :(

      Delete
    2. situ mau baca komik mas?

      Delete
    3. Bner bgt gan, jd ga ngerti karna gada gambarnya

      Delete
    4. kebiasaan teksbook ya gini nyari yg bergambar mulu LOL...

      Use your brain..
      artikel nya sdh sangat jelas meski tanpa gambar..

      Delete
    5. Kenapa ya pin tempat usaha saya jadi abu abu . Pahala asal nya warna biru . Jadi susah ngetag foto pake alaamt tempat usaha di medsos

      Delete
  2. cukup membantu sudah berhasil cukup mudah panduannya tanpa gambar juga ok

    ReplyDelete
  3. hahahah iya lama nunggu nya 1-2 minggu

    ReplyDelete
  4. terimakasih ilmunya semoga pahalanya terus mengalir ya...

    ReplyDelete
  5. ane coba ko virify lewat pos om ga bisa lewat hp

    ReplyDelete
  6. gan, apakah aku harus membayar ketika pos mengantarkan kirimannya ke rumah?

    ReplyDelete
  7. Maaf,buat master mohon dibantu, saya menemukan beberapa kesalahan saat pengeditan tempat lokasi banyak yang tidak akurat penanda nya,saya mau membetulkan tapi bagaimana cara menghapus penanda di googel maps yang ditandai orang lain se asal2 nya saja,sudah berulang kali saya laporkan namun tidak juga berubah walau sudah mendapat email dari gmaps katanya sukses atas pengeditan yang kita lakukan

    ReplyDelete
  8. Maaf,buat master mohon dibantu, saya menemukan beberapa kesalahan saat pengeditan tempat lokasi banyak yang tidak akurat penanda nya,saya mau membetulkan tapi bagaimana cara menghapus penanda di googel maps yang ditandai orang lain se asal2 nya saja,sudah berulang kali saya laporkan namun tidak juga berubah walau sudah mendapat email dari gmaps katanya sukses atas pengeditan yang kita lakukan

    ReplyDelete
  9. Maaf,buat master mohon dibantu, saya menemukan beberapa kesalahan saat pengeditan tempat lokasi banyak yang tidak akurat penanda nya,saya mau membetulkan tapi bagaimana cara menghapus penanda di googel maps yang ditandai orang lain se asal2 nya saja,sudah berulang kali saya laporkan namun tidak juga berubah walau sudah mendapat email dari gmaps katanya sukses atas pengeditan yang kita lakukan

    ReplyDelete
  10. besok nyoba ahh. . mudah2an berhasil utk usahaku. . .

    ReplyDelete
  11. besok nyoba ahh. . mudah2an berhasil utk usahaku. . .

    ReplyDelete
  12. Udah sebulan pos belum juga kirim kode verifik
    asinya

    ReplyDelete
  13. Terimakasih bapak sudah berkenan memberikan infonya, saya tunggu postingan selanjutnya yg lebih menarik

    ReplyDelete
  14. Lumayan juga nunggu nya ya gan...thanks infonya..

    ReplyDelete
  15. maaf, apakah ini dikenai biaya pajak atau lain" ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya tidak om,, selama 3 tahun terakhir ini tidak ada tagihan atau semacamnya,, tp entah lah.. heee

      Delete
    2. bayar klo pasang iklan di google. kl gak pasang ya gk bayar

      Delete
  16. oh, jadi begitu ya caranya, menarik.

    ReplyDelete
  17. Saya sudah dpt verivikasi dari google, dan sudah memverivikasi local add masuk ke google bisnisku, tapi blm ada pin saya di google map.. Ada yg bisa komentar? Thx min

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini memang cocok untuk hal2 seperti itu gan,, kalo tempat kerja ane dulu modernisasinya hampir setengah tahunan sih gan,, baru muncul di google map.. tapi kadang di sebagian device muncul juga.. tapi secara umum muncul nya lama juga..

      Delete
    2. Buka emailnya (pemberitahuan sukses), klik lihat penambahan, jika muncul pin merah, klik pada pin tsb lalu klik simpan bintang.

      Delete
  18. Replies
    1. sampai saat ini belum ada tagihan sih gan.. kayaknya gratis,, satu akun satu pin

      Delete
  19. nice share..
    sangat bermanfaat
    makasih gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 gan.. terima kasih juga sudah berkunjung

      Delete
  20. mantap.. ane cuma 3 hari langsung dikirim surat pos nya.
    isi nya kode verifikasi.
    yang lamban menerima surat pos harus akrab sama kurir JNE di daerah agan, pasti surat cepat sampai :)

    ReplyDelete
  21. Saya sdh mendaftarkan beberapa lokasi. Prosesnya paling lama dua sampai 4 hari,langsung tayang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang mungkin sudah fast respon,, kami dulu sebulan lebih nunggunya..

      Delete
  22. GULA MERAH CLP TENGGUN MANIS 0852 7089 0942.

    Terima kasih info ny sangt membantu....sangt bermanfaat.

    ReplyDelete
  23. Tks infonya om
    Mau coba sng gak macet2 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan gan,, kita belum update perkembangannya neh.. masih pake yang lama.. sibuk dikerjaan juga n jarang online.. jd ga kerawat blog nya

      Delete
  24. Dijual rumah bagus + strategis Jakarta Selatan & ada komisi 50 juta (inbox Aja) >> http://bit.ly/2iu6mVC

    ReplyDelete
  25. sama2 gan, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  26. thanks gan tutorial nya membantu, tadi sudah saya coba lalu di kasih 2 pilihan utk verifikasi via phone & pos, nah itu kalo dari phone bisa langsung dj hubungi ke no kita atau gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan itu buatnya percuma aja kh tanpa ada biayanya kh nanti,,

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. kaga pernah ada tagihan sih... dulu ga ada pilihan,, kalo emang bisa lewat hp, mending lewat hp,, kali aja bisa lebih cepat

      Delete
  27. Mohon masukannya apabila sudah membuat tanda sebagai usaha kita,terus nanti kita mintanya via pos akan tetapi itu nanti di kenakan biaya pajak kh ya,,
    Tolong yang sudah pernah buat mohon masukannya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk usaha kurang tahu mas,, soalnya kemarin itu kita bikin untuk sekolahan/fasilitas umum

      Delete
  28. Aceng-Shop Toko Jual Obat Kuat Dan Alat Bantu Sex Pria

    ReplyDelete
  29. Saya bikin lokasi dan sudah daftar google bissis tp lokasi saya kok gak tanyang2 ya?
    Padahal sudah dapat kode verifikasi...
    Kalo di device saya sih tayang tapi kok di divice org lain gak nonggol ?

    Dan jika saya pakai pencarian pakai kata kunci Contoh: "toko komputer di Ngawi " kenapa kok gak muncul ya ..toko saya dan yg muncul itu toko lain ada apa ya?

    ReplyDelete
  30. Informasi penginapan dan pemandian air panas alam belerang di ciater subang click ciaterpunyakita.com

    ReplyDelete
  31. Bang ini setelah kita isi segala macem ada pemberitahuan dari gmail kita bakal dikirim pin lewat pos, itu nunggunya lama ya? Kalo udh dikirim pin tinggal masukin kan? Baru alamat yg kita masukin bakal ada di googlemaps? Bener gak bang?

    ReplyDelete
  32. Kulonuwun ikutan nimbrung.pada awalnya saya pingin tempat usaha saya bisa di buka di map google.ternyata prosesnya lama .tapi karna saya selalu ingin tau lama lama saya bisa menambahkan tempat tersebut.di saat saya lagi perlu saya ditarik oleH google map lewat gmail.meski awalnya saya bingung tapi lama lama jd cukup bisa medki saya gaptek dan sama sekali tidak punya ilmu tentang istilah di internet.saya coba tempat usaha temen saya 1 minggu baru bisa dan bisa posting gambar toko isi toko no tlp dan berbagai layanan. TernyTa dua hari sebelum itu saya posting foto di sebuah RS.Di jakarta dan saya dinyatakan banyak mata melihat postingan saya .saya juga kaget.sehabis itu saya coba bikin tempat usaha teman satu lagi dua hari langsung muncul.dan sekarang saya bisa langsung live dlm bikin tempat baru.maaf gak saya jelas kan dengan detail takut ada aturan tentang ITE Karna sayA coba untuk memindahkan .mang klaim.mengutak atik map yg sdh ada dgn cepat saya bisa termasuk kantor bank dll.saya gunakan sekarang ini buat mengisi jalan yg belum ada nama dan fasilitas umum saya bikin cepat .cukup sekian dulu gan makasih numpang curhat .antara takut dan heran.

    ReplyDelete
  33. mohon pencerahannya gan, bagaimana agar lokasi yang kita tandai muncul sebagai referensi utama saat kita search di google map? trims

    https://www.google.co.id/search?rlz=1C1VSNG_enID697ID698&q=frozen+food+malang&npsic=0&rflfq=1&rlha=0&rllag=-7964657,112628364,2467&tbm=lcl&ved=0ahUKEwjJuYiRvNHWAhUGPo8KHQj9BSsQtgMIKA&tbs=lrf:!2m1!1e2!2m1!1e3!3sIAE,lf:1,lf_ui:10&rldoc=1#rlfi=hd:;si:124777431259875048;mv:!1m3!1d2633.966946603804!2d112.61372838906425!3d-8.004038322901742!2m3!1f0!2f0!3f0!3m2!1i118!2i64!4f13.1

    ReplyDelete
  34. kok gambarnya gk muncul mas

    ReplyDelete
  35. salam sukses http://www.rahasiapasutri.net/

    ReplyDelete
  36. gan misalkan tanpa ada kode di bisnisnya apakah bisa tayang itu google mapsnya? tolong pencerahanya gan

    ReplyDelete
  37. Ok saya udah berhasil membuat lokasi di google map.. gampang kok surat dari pos nya 3 hari sejak klik kirim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum wr wb gimana caranya memasukan nama desa ku bos

      Delete
  38. ASSALAMUALAIKUM WR WB SEMANGAT BERAKTIFITAS SAHABAT INDONESIA

    ReplyDelete
  39. ASSALAMUALAIKUM WR WB SEMANGAT BERAKTIFITAS SAHABAT INDONESIA

    ReplyDelete
  40. Berapa lama nunggu kode veryfikasi dari mbah google mas ?

    ReplyDelete
  41. Ada cara lebih simple gan ? taratangkyu

    ReplyDelete

Kepada Pengunjung jangan lupa komentarnya yah ...

Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.. :)