Home » , » Budaya Kerja

Budaya Kerja

contoh iklan



1.    Sebutkan tiga bentuk budaya!
JAWAB :
Ada tiga bentuk budaya yaitu:
1.    Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleksitas dari ide-ide,  gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan dan sebagainya.
2.    Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleksitas aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat,
3.    Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.

2.    Jelaskan pengertian budaya kerja menurut hasil seminar KORPRI daerah istimewa Jogjakarta tahun 1992!
JAWAB :
Dalam seminar korpri daerah Istimewa Yogyakarta Nopember 1992 berkesimpulan bahwa:
1.    Budaya kerja adalah salah satu komponen kualitas manusia yang sangat melekat dengan identitas bangsa dan menjadi tolak ukur dasar dalam pembangunan
2.    Budaya kerja dapat ikut menentukan integritas bangsa dan menjadi penyumbang utama dalam menjamin kesinambungan kehidupan bangsa.
3.    Budaya kerja sangat erat kaitannya dengan nilai-nilai yang dimilikinya, terutama falsafah bangsa yang mampu mendorong prestasi kerja setinggi-tingginya.

3.    Sebutkan manfaat budaya kerja!
JAWAB :
Manfaat yang didapat antara lain menjamin hasil kerja dengan kualitas yang lebih baik, membuka seluruh jaringan komunikasi, keterbukaan, kebersamaan, kegotongroyongan, kekeluargaan, menemukan kesalahan dan cepat memperbaiki, cepat menyesuaikan diri perkembangan dari luar (faktor eksternal seperti pelanggan, teknologi, sosial, ekonomi, dan lain-lain).

4.    Jelaskan pengertian nilai budaya kerja!
JAWAB :
Nilai budaya kerja adalah pilihan nilai-nilai moral dan etika yang dianggap baik dan positif meliputi nilai social budaya positif yang relevan, norma atau kaidah, etika dan nilai kinerja produktif yang bersumber dari pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

5.    Sebutkan fungsi nilai menurut Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RI No. 25/KEP/M.PAN/4/2002)
JAWAB:
Fungsi nilai:
1.    Memberikan tujuan, arti, kesenangan dan nilai pada kehidupan untuk melakukan sesuatu
2.    Mempermudah dalam membuat keputusan
3.    Menentukan bagaimana kita melihat dan memahami persoalan
4.    Member arti makan dan signifikansi pada masalah tertentu
5.    Ada yang bersifat sesaat dan ada juga yang permanen.

6.    Jelaskan nilai budaya kerja yang terkandung dalam UUD 1945!
JAWAB :
Dalam pembukaan UUD 1945 terdapat rumusan mengenai landasan falsafah Negara RI yang disebut Pancasila. Dalam lima sila tersebut terdapat nilai-nilai yang hakiki, termanifestasikan dalam symbol-simbol kehidupan bangsa, menandai realitas social masyarakat bangsa di seluruh wilayah Negara, menjadi nilai pemersatu kehidupan sebagai bangsa, serta sebagai pandangan hidup bangsa dan falsafah Negara atau falsafah dalam bernegara.
Soal
Apakah yang dimaksud dengan wawasan tugas ?


Jawab
Wawasan tugas adalah pemahaman terhadap kondisi yang mempengaruhi  unit kerja, baik kondisi internal maupun eksternal.


Soal
Apa yang harus dipahami dalam wawasan tugas?


Jawab
Minimal, seorang pegawai negeri harus mengerti visi dan misi instansi dima dia bekerja


Soal
Secara operasional, ada berapa jenis organisasi pemerintah?


Jawab
Ada dua: departemen dan lembaga pemerintah non-departemen (LPMD)

Ada dua: kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian


Soal
Dimanakah pusat pelaksanaan program budaya kerja?


Jawab
Pada diri setiap pegawai yang semestinya siap untuk berubah menjadi lebih baik secara terus-menerus


Soal
Sebutkan empat potensi manusia karunia Tuhan yang membuat mereka bisa berubah!


Jawab
Menurut Steven Covey :
(1) Kesadaran Diri  (2) hati nurani  (3) kehendak bebas  (4) imajinasi kreatif


Soal
Bagaimanakah sifat cara kerja baru birokrasi yang diharapkan?


Jawab
Lebih efektif dan efisien, lebih demokratis dan terbuka, lebih rasional dan fleksibel dan lebih bersifat terdesentralisasi.


Soal
Sebutkan aspek pelengkap bagi caa kerja baru organisasi agar tercipta hasil optimal!


Jawab
Gaya kepemimpinan yang penuh keteladanan yang memberikan dorongan dan tanggung jawab, serta yang mengajak bukan  memerintah.


Soal
Bagaimana bentuk konkrit dari penerapan budaya kerja?


Jawab
Terbentuknya organisasi pemerintah yang ditopang oleh persepsi dan kesadaran yang sama akan tujuan organisasi, yang memiliki struktur terdiri dari
  1. Penanggung jawab
  2. Tim Pengarah
  3. Fasilitator
  4. Ketua kelompok
  5. Anggota-anggota
Serta yang didukung oleh komitmen yang tinggi dari tiap pemimpinnya untuk menjalankan program budaya kerja.


Soal
Apa bentuk nyata dari komitmen seorang pemimpin organisasi?


Jawab
Pemimpin siap memberikan latihan, alat-alat, sumberdaya, kekuasaan, tanggung jawab, kebebasan dan doronga kepada anggotanya. Komitmen juga berarti bertanya, mendengarkan, melakukan, memutuskan, memberitahukan dan mengarahkan. Singkatnya mempraktikkan komunikasi efektif, penuh rasa hormat dan akomodatif terhadap anak buah.


Soal
Apa saja langkah-langkah seorang pemimpin dalam pelaksanaan budaya kerja?


Jawab
Memberikan fokus yang sama dalam visi dan strategi, melakukan penyempurnaan, merubah diri mereka dan budaya kerja di organisasinya, dan memahami bahwa perubahan itu memerlukan waktu.


Soal
Bagaimana cara seseorang untuk menjadi disiplin?


Jawab
Orang perlu mengenal dirinya sendiri; berusaha mendisiplinkan diri sendiri, mendapatkan kepemimpinan yang penuh keteladanan, menanamkan semangat kemandirian, menghindari sikap dan perilaku negatif dan menganggap disiplin sebagai cermin ibadah.



Tim Penyusun  : Peserta Diklat Prajabatan Angkatan II Kemenag Se-Kalseltengtim tahun 2011
Editor               : Nur Ali, SE

contoh iklan

0 comments:

Post a Comment

Kepada Pengunjung jangan lupa komentarnya yah ...

Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.. :)