1.
Sebutkan tiga bentuk budaya!
JAWAB :
Ada tiga bentuk budaya yaitu:
1. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleksitas dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan
dan sebagainya.
2. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleksitas aktivitas kelakuan berpola
dari manusia dalam masyarakat,
3. Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.
2.
Jelaskan pengertian budaya kerja menurut hasil seminar KORPRI daerah
istimewa Jogjakarta tahun 1992!
JAWAB :
Dalam seminar korpri daerah Istimewa Yogyakarta Nopember 1992
berkesimpulan bahwa:
1. Budaya kerja adalah salah satu komponen kualitas manusia yang sangat
melekat dengan identitas bangsa dan menjadi tolak ukur dasar dalam pembangunan
2. Budaya kerja dapat ikut menentukan integritas bangsa dan menjadi
penyumbang utama dalam menjamin kesinambungan kehidupan bangsa.
3. Budaya kerja sangat erat kaitannya dengan nilai-nilai yang dimilikinya,
terutama falsafah bangsa yang mampu mendorong prestasi kerja
setinggi-tingginya.
3.
Sebutkan manfaat budaya kerja!
JAWAB :
Manfaat yang didapat antara lain menjamin hasil kerja dengan kualitas
yang lebih baik, membuka seluruh jaringan komunikasi, keterbukaan, kebersamaan,
kegotongroyongan, kekeluargaan, menemukan kesalahan dan cepat memperbaiki,
cepat menyesuaikan diri perkembangan dari luar (faktor eksternal seperti
pelanggan, teknologi, sosial, ekonomi, dan lain-lain).
4.
Jelaskan pengertian nilai budaya kerja!
JAWAB :
Nilai budaya kerja adalah pilihan nilai-nilai moral dan etika yang
dianggap baik dan positif meliputi nilai social budaya positif yang relevan,
norma atau kaidah, etika dan nilai kinerja produktif yang bersumber dari
pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
5.
Sebutkan fungsi nilai menurut Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur
Negara RI No. 25/KEP/M.PAN/4/2002)
JAWAB:
Fungsi nilai:
1. Memberikan tujuan, arti, kesenangan dan nilai pada kehidupan untuk
melakukan sesuatu
2. Mempermudah dalam membuat keputusan
3. Menentukan bagaimana kita melihat dan memahami persoalan
4. Member arti makan dan signifikansi pada masalah tertentu
5. Ada yang bersifat sesaat dan ada juga yang permanen.
6.
Jelaskan nilai budaya kerja yang terkandung dalam UUD 1945!
JAWAB :
Dalam pembukaan UUD 1945 terdapat rumusan mengenai landasan falsafah
Negara RI yang disebut Pancasila. Dalam lima sila tersebut terdapat nilai-nilai
yang hakiki, termanifestasikan dalam symbol-simbol kehidupan bangsa, menandai
realitas social masyarakat bangsa di seluruh wilayah Negara, menjadi nilai
pemersatu kehidupan sebagai bangsa, serta sebagai pandangan hidup bangsa dan
falsafah Negara atau falsafah dalam bernegara.
Soal
|
Apakah yang dimaksud dengan wawasan tugas ?
|
Jawab
|
Wawasan tugas adalah pemahaman terhadap kondisi
yang mempengaruhi unit kerja, baik
kondisi internal maupun eksternal.
|
Soal
|
Apa yang harus dipahami dalam wawasan tugas?
|
Jawab
|
Minimal, seorang pegawai negeri harus mengerti
visi dan misi instansi dima dia bekerja
|
Soal
|
Secara operasional, ada berapa jenis organisasi
pemerintah?
|
Jawab
|
Ada dua: departemen dan lembaga pemerintah
non-departemen (LPMD)
|
Ada dua: kementerian dan lembaga pemerintah
non-kementerian
|
|
Soal
|
Dimanakah pusat pelaksanaan program budaya kerja?
|
Jawab
|
Pada diri setiap pegawai yang semestinya siap
untuk berubah menjadi lebih baik secara terus-menerus
|
Soal
|
Sebutkan empat potensi manusia karunia Tuhan yang
membuat mereka bisa berubah!
|
Jawab
|
Menurut Steven Covey :
(1) Kesadaran Diri (2) hati nurani (3) kehendak bebas (4) imajinasi kreatif
|
Soal
|
Bagaimanakah sifat cara kerja baru birokrasi yang
diharapkan?
|
Jawab
|
Lebih efektif dan efisien, lebih demokratis dan
terbuka, lebih rasional dan fleksibel dan lebih bersifat terdesentralisasi.
|
Soal
|
Sebutkan aspek pelengkap bagi caa kerja baru
organisasi agar tercipta hasil optimal!
|
Jawab
|
Gaya kepemimpinan yang penuh keteladanan yang
memberikan dorongan dan tanggung jawab, serta yang mengajak bukan memerintah.
|
Soal
|
Bagaimana bentuk konkrit dari penerapan budaya
kerja?
|
Jawab
|
Terbentuknya organisasi pemerintah yang ditopang
oleh persepsi dan kesadaran yang sama akan tujuan organisasi, yang memiliki
struktur terdiri dari
Serta yang didukung oleh komitmen yang tinggi dari tiap pemimpinnya
untuk menjalankan program budaya kerja.
|
Soal
|
Apa bentuk nyata dari komitmen seorang pemimpin
organisasi?
|
Jawab
|
Pemimpin siap memberikan latihan, alat-alat,
sumberdaya, kekuasaan, tanggung jawab, kebebasan dan doronga kepada
anggotanya. Komitmen juga berarti bertanya, mendengarkan, melakukan,
memutuskan, memberitahukan dan mengarahkan. Singkatnya mempraktikkan
komunikasi efektif, penuh rasa hormat dan akomodatif terhadap anak buah.
|
Soal
|
Apa saja langkah-langkah seorang pemimpin dalam
pelaksanaan budaya kerja?
|
Jawab
|
Memberikan fokus yang sama dalam visi dan
strategi, melakukan penyempurnaan, merubah diri mereka dan budaya kerja di
organisasinya, dan memahami bahwa perubahan itu memerlukan waktu.
|
Soal
|
Bagaimana cara seseorang untuk menjadi disiplin?
|
Jawab
|
Orang perlu mengenal dirinya sendiri; berusaha
mendisiplinkan diri sendiri, mendapatkan kepemimpinan yang penuh keteladanan,
menanamkan semangat kemandirian, menghindari sikap dan perilaku negatif dan
menganggap disiplin sebagai cermin ibadah.
|
Tim
Penyusun : Peserta Diklat Prajabatan
Angkatan II Kemenag Se-Kalseltengtim tahun 2011
Editor : Nur Ali, SE
0 comments:
Post a Comment
Kepada Pengunjung jangan lupa komentarnya yah ...
Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.. :)