Home » , , » Cara Partisi Harddisk Tanpa Software di Windows 7

Cara Partisi Harddisk Tanpa Software di Windows 7

contoh iklan


Hallo Sobat semua, kali ini ane akan men-share bagaimana cara mempartisi harddisk pada sistem operasi windows 7 tanpa software. Cara ini pernah ane lakukan sendiri dan Alhamdulillah berhasil dilakukan.

Salah satu penyebab kenapa jadi harddisk ini kita partisi adalah karena dalam kondisi tertentu, harddisk akan mengalami crash dikarenakan sistem operasi kita yang kita gunakan mungkin bisa dikatakan not genuine ;) dan salah satu upaya untuk menyelamatkan data yang ada pada harddisk kita adalah dengan menyimpan data tersebut pada harddisk dibagian lain.

Dalam hal ini harddisk pada bagian yang lain itulah cara kita memperolehnya dengan cara melakukan partisi pada harddisk kita. Cara termudah melakukan partisi ini adalah dengan tanpa menggunakan software. Sayangnya, menurut informasi yang saya dapatkan setelah googling, ternyata hanya windows 7 yang bisa menggunakan partisi tanpa software ini ( yang pasti ane melakukannya pada sistem operasi windows 7, dan sukses.. hehe).

Bagaimana caranya ? berikut penjelasannya, dengan mengutip dari beberapa sumber, serta pengalaman sendiri disertai foto-foto yang ane ambil dari blog teman kaplik.com (mohon maaf fotonya diambil dari sumber lain karena pada saat praktek ane tidak sempat lagi mengambil foto-foto yang terkait, tapi Insya Allah bisa menjelaskan apa yang ane maksudkan).

Hal yang pertama dilakukan adalah usahakan data-data yang sangat penting di backup terlebih dahulu, karena tidak semua prakteknya sesuai dengan yang diharapkan, tetapi jika teman sekalian merasa yakin (seperti ane saat mempartisi harddisk ini,, hehe) bisa langsung melanjutkan keberikutnya.

Untuk memulai, klik kanan computer, lalu pilih Manage
Pada bar Computer Management (Local) pilih storage, dan pilih Disk Management

Setelah masuk ke Disk Management, di jendela sebelah kanan akan terlihat jumlah partisi yang sudah ada. Kemudian klik kanan pada bagian harddisk mana yang akan di partisi (Sebagai contoh, saya mau mempartisi local C karena pada saat itu saya hanya mempunyai 1 local, maka saya mengklik kanan local C) lalu pilih Shrink Volume.

Selanjutnya akan muncul querying shrink space, dan tunggu sebentar, nantinya akan muncul jendela shrink dan teman akan diminta memasukkan jumlah volume partisi disk yang ingin dibuat, isilah sesuai yang telah direncanakan. Yang jadi permasalahan dan kebanyakan blog teman kita tidak menjelaskan hal ini, bahwa disk yang akan dibuat tidak bisa lebih dari setengah disk yang akan dipartisi. Contohnya disk yang akan teman partisi isinya adalah 150.000 MB, maka partisi yang akan teman buat nantinya tidak bisa lebih dari 75.000 MB. Jadi dihitung-hitunglah kembali berapa jumlah yang akan teman tentukan jumlah untuk disk yang baru.

Setelah selesai, kemudian klik shrink

Setelah teman klik shrink, maka akan muncul partisi disk yang belum terformat (unalocated / free space), dalam artian disk ini masih belum bisa digunakan.

Untuk menjadikan sebagai disk yang bisa dipakai, maka klik kanan terlebih dahulu disk baru tersebut dan pilih New Simple Volume dan next.

Selanjutnya muncul Specify Volume Size dan kembali di next.

Kemudian muncul jendela assign drive letter or path dan klik next.

Pada saat muncul jendela Format Partition, pada file system pilih NTFS, dan pada volume label isikan nama label drive teman (kalau saya memberi nama ‘DATA’, sedangkan di foto diberi nama 'HASIL') selanjutnya di next


Terakhir akan muncul jendela completing the new simple volume wizard, dan klik finish. Dengan demikian partisi disk baru teman akan bertambah.

Sangat mudah, hanya saja, menurut sayan pribadi, kita tidak bisa menambah volume partisi tersebut sesuai keinginan kita, karena terbatas maksimal setengah dari partisi yang ada. Tapi saya cukup puas dengan partisi yang ada. Selamat mencoba ya teman, karena dengan mencoba lah kita akan mengetahui sesuatu yang belum kita ketahui.. :)

Sumber :
- Pengalaman pribadi dengan melihat dari berbagai sumber
- Foto-foto di ambil dari kaplik.com

contoh iklan

0 comments:

Post a Comment

Kepada Pengunjung jangan lupa komentarnya yah ...

Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.. :)