Home » , , » A T M (Amati, Tiru dan Modifikasi)

A T M (Amati, Tiru dan Modifikasi)

contoh iklan




Hmm.. Setelah sekian lama blog ini terabaikan, kembali rasanya hati ini ingin mengisinya lagi. Terlebih, ketika melihat pengunjungnya lumayan banyak yang secara kebetulan mungkin, mengunjungi tulisan asli saya tentang cara mendaftarkan lokasi kita di google map pada akhirnya rasa senang ketika blog kita dikunjungi oleh orang banyak itu muncul juga.

Barulah ane terpikir, walaupun mungkin di situs2 lainnya juga sudah menjelaskan, bahwa sepertinya google memang mencari tulisan yang sifatnya kekinian,  tapi benar2 menggunakan tulisan tangan atau dalam artian menjaga keorisilannya. Tentunya selain trik SEO (yang artinya pun ane tidak tahu,, hahaaa) nya para master blog2 yang ada.

Terlepas dari itu, walaupun sebenarnya mudah saja mengisi postingan di blog (yaa cukup tinggal copy dan paste), tentu kita juga mesti menjaga tulisan tersebut supaya memiliki ciri khas kalau tulisan memang tidak hanya asal copas, tapi diperbaharui.

Ane juga pernah mendapat wejangan dari salah seorang tenaga pendidik senior pada saat seminar, beliau mengatakan, gunakan metode ATM. Apa itu  ?

Metode ini ternyata mengajarkan kita walaupun awalnya Cuma menyalin punya orang,tapi tidak hanya asal salin, tapi juga memperbaiki isinya. Ya.. tentu sobat sudah sering mengenal istilah ini.. “AMATI, TIRU kemudian MODIFIKASI”.

Amati milik orang lain, kemudian tiru,, tapi meniru disini bukan sekedar meniru dan dijadikan sebagai akhir segalanya. Kadang kebanyakan orang meniru sesuatu (apalagi seperti siswa pada saat ulangan misalnya, atau seperti topik ini, mengcopy artikel punya orang kemudian di paste di blog sendiri misalnya) dengan cara asal tiru, asal jiplak, atau asal copy, yang penting jadi.

Jangan sob, masih ada huruf ketiga, Modifikasi.

Modifikasi disini dalama artian pahami tulisan,artikel atau semacamnya milik orang, kemudian tulis menggunakan bahasa kita dan gaya kita sendiri, kurangin yang perlu dikurangin, dan tambahin jika tulisan mereka yang kita rasa kurang dan tidak sesuai dengan keperluan kita.

Tentu dengan metode ini kita bisa memiliki tulisan atau artikel hasil karya kita sendiri. Bener ga ?

Capek ? tentu.. tapi itulah seni nya.. namanya menulis. Orang jaman dulu juga mereka menulis kan ? bahkan sampe ke kulit2 binatan loh.. !!

Kita ? zaman sekarang sudah modern. Manfaatkan media seperti ini. Blogging misalnya, atau semacamnya  lah.. yang intinya.. tulis dan tulislah..

Oke Sob? Oke aja ya... ? J



Catatan neh ,, Ane bukan mengajarkan hal yang tidak baik ya sob, Cuma memberikan saran,, istilah ini juga kadang ane sampaikan kepada siswa di kelas ketika mereka bingung setelah mendapatkan tugas yang cukup berat. Hihihi.. ;)


contoh iklan

0 comments:

Post a Comment

Kepada Pengunjung jangan lupa komentarnya yah ...

Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.. :)