Home » , , , » Cara Menghilangkan Vokal Pada Musik Menggunakan Adobe Audition

Cara Menghilangkan Vokal Pada Musik Menggunakan Adobe Audition

contoh iklan




Baik,, mencoba untuk menulis kembali, kali ini ane akan menshare cara menghilangkan vokal atau suara pada sebuah lagu.

Intermezzo... sob.. :P

Setelah beraktivitas sekian lama dan kebetulan beberapa waktu lalu kita disuruh menggantikan guru Seni Budaya yang sedang cuti hamil, akhirnya sampai pada suatu masalah, yaitu para siswa ingin mencoba vokal mereka lewat lagu-lagu karaoke.

Tentu saja, ane sebagai seorang awam yang tidak tahu menahu masalah ini sibuk mencarikan lagu2 karaoke yang notabene nya lumayan sulit dicarikan (karena lagu2 yang mereka minta rata2 pop kekinian,, hmm-_- ).

Walaupun dapat, ternyata lagu2 yang tersedia baik disitus penyedia mp3 maupun youtube (pilhan utama ane mencari lagu karaoke), tetap saja ada suaranya yang keluar,  kecuali mesti memakai speaker yang stereo (berfungsi L+R nya , atau apalah kaga paham juga masalah ini).

Akhirnya setelah search dan cari2 informasi, ketemu beberapa  aplikasi yang (kaga sepenuhnya juga seh.. hmmm) mendukung untuk membuat musik menjadi karaoke (menghilangkan suara vokalnya), minimal mengurangi suara vokalnya.

Apa saja aplikasinya ? ane lupa aplikasi yang pertama ane dapat, lumayan bagus juga, mana gretong lagi,, tapi lupa namanya, kemudian audacity, yang mirip2 dengan pilihan ketiga yaitu adobe audition.

Kebetulan pas mencoba memakai audacity lagu yang ane convert kaga jelas hasilnya, dan pas ane coba pake audition ternyata lumayan sukses (ingat lho, lumayan sukses,, bukan sukses besar). Jadi seterusnya ane make adobe audition dah..

Nah,, bagaimana caranya ?

Ingat..!!! ini untuk pemula aja yah sob,, kalo udah tingkat dewa mending ga usah baca artikel ini, soalnya tujuan ane nulis ini juga supaya kedepannya kalo ane lagi perlu ini aplikasi ane ga susah nyari tutorialnya...

Lanjuttss..

Yang pertama yang perlu disiapkan adalah tentu aplikasinya ya sob,, Adobe Audition. Versi berapa terserah ente lah.. kira2 sama aja isinya.. kalo ane sekarang make Adobe Audition CC2015.

Yang kedua adalah  lagu yang ingin kita konvert jadi karaoke. Usahakan lagu yang tersedia adalah memang lagu karaoke,, jadi enak ngapus nya. Ok ? sip dah..

Yang ketiga, bagian2nya..

Buka aplikasinya,, kemudian pilih menu “FILE” dan “OPEN” untuk mencari lagu yang ingin kita eksekusi, kemudian “OPEN”

Maka akan ada tampilan seperti ini,

Ada tampilan di bagian R dan L kan ? (ane juga ga paham soal ini, tapi bagian inilah nanti yang akan kita proses), klik hurupnya untuk mematikan fungsinya, lalu putar lagunya (di play ya sob, jgn diputar dalam artian sebenarnya  keless,,, ) putar secara bergantian...

Nah, yang perlu kita eksekusi adalah bagian lagu yang ada vokalnya, bagian ini akan kita hapus.. lho ? kq dihapus ? lha iya,, namanya juga mo ngilangin vokalnya sob.. hadoh ..

Kalo punya ane, lagu yang memiliki vokal ada pada bagian R, maka bagian ini yang mesti dihapus.

Cara menghapusnya, non aktifkan lagu yang tidak dihapus, ingat,, lagu yang tidak dihapus ya sob,, caranya ? klik Hurup L nya.. setelah itu,,, blok bagian lagu yang akan kita hapus dari awal sampe akhir. Trus pencet delete dah .. (ingat, mencetnya di Keyboard ya !! kemarin siswa ane bingung kq delete nya ga ada,, ya iya lah,, wong delete nya di keyboard juga.. hadohh!!)

Nah, kalo sudah di delete, trus lagu yang satunya diaktifkan kembali, dan blok  juga dari awal sampe akhir,, tapi kali ini beda, setelah di blok, salin bagian lagu tersebut (Ctrl+C) dan tempelkan (Ctrl+V) di bagian R yang sudah kosong tadi (sebelum di paste, non aktifkan lagi bagian L nya)

Selesai,  lagunya hilang dan sobat sudah bisa menyumbang kan lagunya sesumbang-sumbangnya.. xixixixii..

Silahkan play terlebih dahulu... kale aja ada yang ga cocok,, tapi dicocok2in aja dah.. wkwkwkwk

Terakhir,, finishingnya,, pilih “FILE”dan “EKSPORT” file nya.. sesuaikan aja pilihannya (default aja dah enaknya,, hihihi) pilih OK.. jadi dah



Demikian sedikit informasi yang dapat ane sampaikan,, salah kata jgn dihiraukan anggap saja kesalahan sobat karena sudah berkunjung ke blog ane,, wkwkwk.. mudah2an bermanfaat bagi pemula seperti kita,,, akhirul kalam,,  sampai jumpa di tutorial serabutan ane yang lainnya..

Oke Sob ? Oke aja dah... ;D







----------<<<<<MD>>>>>---------


contoh iklan

0 comments:

Post a Comment

Kepada Pengunjung jangan lupa komentarnya yah ...

Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.. :)